5 Ide Usaha Bidang Pertanian Bagi Warga Desa, Anak Muda Wajib Coba!

Minggu, 05 November 2023, 19:48 WIB | Bisnis | Nasional
5 Ide Usaha Bidang Pertanian Bagi Warga Desa, Anak Muda Wajib Coba!
Ilustrasi Ide Usaha dengan Bisnis Pertanian & Peternakan bagi Anak Muda (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Hal tersebut telah dibuktikan oleh salah satu anggota KWT Srikandi di Wonogiri, Jawa Tengah yang bernama Azalea. Meskipun ia lulusan S1 Bahasa Inggris, tapi kini telah sukses jadi petani dan bekerja sama mengurangi angka stunting di desa nya.

"Intinya kita berusaha mengelola modal seminim mungkin agar menghasilkan keuntungan lebih besar, apalagi warga desa bisa terpenuhi kebutuhan gizinya dan dapat mengurangi angka stunting desa. Ini salah satu tujuan kami," ujarnya kepada Youtube Kementrian Desa.

"Selain itu, ibu-ibu gak perlu nunggu tukang sayur dulu untuk masak. Terus karena pengolahan dari kita untuk kita juga, makanya harganya juga lebih murah. Ini merupakan bentuk kerjasama masyarakat dengan desa setempat," jelasnya.

Baca juga: Cobain 9 Ide Bisnis Anak Muda di 2024 Ini: Potensi Cuannya Puluhan Juta!

Bahkan, usaha tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian desa dan mengurangi angka stunting. Tapi juga sebagai bagian dari pemberdayaan perempuan dengan pembuktian bahwa perempuan juga bisa bekerja pada lahan pertanian yang sering diremehkan & menghasilkan banyak manfaat.

"Jadi ada 3 tujuan yaitu bidang ekonomi dengan menggandeng ibu-ibu desa pada usaha terkait, pemenuhan kebutuhan gizi dan mengurangi stunting untuk 2024 mendatang serta inovasi bertani keren dalam upaya pemberdayaan perempuan. Uangnya luar biasa loh," tutup Azalea dalam keterangannya.

2. Gula Semut dan Madu vegan dari Bunga Kelapa

Kedua, kamu dapat mencoba ide usaha unik yang belum ada sebelumnya seperti yang dilakukan pasangan suami istri di Jawa Tengah ini dengan brand Golden Nyra yang hasilkan produk Gula Semut dan Madu vegan dari Kelapa.

Sebagai petani muda, mereka tergerak untuk mengupayakan desa tempat tinggal agar lebih maju melalui produksi pertanian. Bahkan, mereka juga membuat komunitas yang membahas bahwa "petani tak hanya bisa memproduksi, tapi juga menjualnya."

"Kami ingin mengedukasi para Petani dan mengubah pandangan terkait pertanian yang bisa sangat menguntungkan dengan membentuk Smart Farmer agar berdistribusi dalam metode Smart Farming," ujar Ella Rizki Farihatul Maftuhah kepada Youtuber Pecah Telur.

"Sehingga mereka bisa mengolah teknologi, menciptakan produk menjadi yang diterima oleh pasar dan menginovasi apa yang ditanamnya lebih baik dari tahun ke tahun. Tidak hanya masalah bisa produksi, tapi kemampuan menguasai pasar dapat teratasi," jelas istri Rayndra Syahdan Mahmudin itu.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: