5 Ide Usaha Bidang Pertanian Bagi Warga Desa, Anak Muda Wajib Coba!

Minggu, 05 November 2023, 19:48 WIB | Bisnis | Nasional
5 Ide Usaha Bidang Pertanian Bagi Warga Desa, Anak Muda Wajib Coba!
Ilustrasi Ide Usaha dengan Bisnis Pertanian & Peternakan bagi Anak Muda (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Tips lengkap terkait bisnis yang sukses dari mereka dapat kamu baca selengkapnya dengan mencari artikel Valora News yang lain dengan judul, "Smart Farming untuk Masa Depan Bisnis Jangka Panjang, Simak Ide Usahanya."

3. Jamur Tiram

Ketiga, kamu dapat mencoba ide usaha dengan berbisnis jamur Tiram yang sangat unik dan masih jarang dilakukan. Padahal, permintaan terhadap jenis makanan ini cukup tinggi. Ini yang disebut peluang, namun begitu, kamu memerlukan banyak pengetahuan untuk memulainya.

Salah satunya dengan menjadi pekerja pada pembuatan Jamur Tiram Nguberwelas Mushroom di Jawa Timur dan pengusaha Arlin di Banjarnegara, tapi bukan tidak mungkin jika kamu yang berada di wilayah pedesaan mencoba membudidyakannya sendiri.

Metodenya, bisa menggunakan bahan utama seperti serbuk gergaji 20% (merek albazi lebih utama) yang berkulitas tinggi. Siapkan bahan lain berupa bekatul + kapur 1 % + tepung japung + air 15% agar bisa menghasilkan ribuan jamur. Ingat ya kalau pembudidayaan jamur, harus punya lahan atau gudang sendiri.

Selain itu, penting juga untuk memastikan pemasaran dapat tersalur dengan baik. "Dulu sangat susah untuk melakukan penjualan tapi kini sampai dikejar-kejar pembeli karena mereka saking habis stoknya," ujar owner Nguberwelas Mushroom di Tulungagung tersebut.

"Karena jumlahnya banyak sekitar 10.000 baglog, jadi bisa tiap hari panen. Pernah Panen 30kg sehari dengan penjualan per kilo sekitar 480 ons yang berikan keuntungan Rp180 ribu per kilo," jelasnya kepada Youtuber Pecah Telur.

Info selengkapnya terkait budidaya jamur tersebut, dapat kamu baca pada artikel Valora News lain yang berjudul. "Bisnis Usaha yang Dikejar-kejar Pembeli Ini Untung Rp5 Juta Sehari, Berikut Rinciannya" dan "Unik, Budidaya Jamur Tiram Ini Hasilkan Keuntungan Rp30 Juta Per Bulan, Kok Bisa."

4. Toge

Keempat, kamu dapat coba mengolah budidaya toge yang sudah dipelajari sejak SD dan SMP. Petani Toge yang bernama Saiful Bahri di Serang, bahan cuma modal Rp24 ribu hingga kini menghasilkan keuntungan Rp2 juta sehari.

Metodenya tidak begitu sulit yaitu kamu hanya memerlukan sebuah ruangan yang tidak begitu terang, kemudian rendam kacang hijau semalaman. Baru lah dipanen dengan jangka waktu 3-4 hari melalui siklus penyiram setiap 3 jam sekali.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: