Diskominfo Sumut Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Harapan Ilyas Sitorus

Jumat, 13 Oktober 2023, 10:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Diskominfo Sumut Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Harapan Ilyas Sitorus
Ustaz H Azwardin Nasution menyampaikan tausyiah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Aula Transparansi Dinas Kominfo Sumut, Medan, Kamis. (humas)

MEDAN (12/10/2023) - Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus mengatakan, Maulid Nabi Muhammad SAWA hendaknya jadi momentum untuk mengenang dan meneladani sejarah hidup dan perjuangan Rasulullah SAW serta memperkuat kecintaan terhadap sosok uswatun hasanah itu.

"Acara tahunan ini juga dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, kota, desa, sampai ke dusun-dusun. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bukan hanya sekadar peringatan seremonial saja, tapi bagaimana kita bisa meneladani ketakwaan Nabi Muhammad SAW," kata Ilyas saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Aula Transparansi Dinas Kominfo Sumut, Medan, Kamis.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci al Quran oleh Muhammad Rizky Akbar. Kegiatan ini dihadiri seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN Dinas Kominfo Sumut.

Selain itu, kata Ilyas, peringatan Maulid Nabi yang lebih utama adalah menjadi sarana mempertebal iman di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh pegawai di lingkungan Dinas Kominfo Sumut kepada kepada Allah SWT.

Baca juga: Pj Gubernur Sumut Siram Kadiskominfo di Resto, Ini Penyebabnya

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut juga diisi ceramah oleh Ustaz H Azwardin Nasution.

Dalam ceramahnya, Ustaz Azwardin antara lain menceritakan bahwa maulid pertama kali dilaksanakan oleh Sultan Salahudin Al Ayyubi di Kota Iskandariyah, saat ini Mesir.

Diketahui, Sultan Salahudin Al Ayyubi adalah panglima perang Dinasti Mamluk, yang kala itu menghadapi perang salib.

Kala itu, umat Islam terpecah karena perbedaan kenagaraan, suku dan aliran berbeda. Salahudin menggelar perayaan Maulid Nabi secara besar-besaran dengan tujuan membangkitkan semangat umat Islam yang telah padam, untuk kembali berjihad dalam membela Islam pada masa perang salib.

Baca juga: Realisasi 10 Program Prioritas Pemprov Sumatera Utara Alami Peningkatan, Ini Indikatornya

Mengapa harus diperingati? Kata Azwardin, pada masa itu umat Islam sudah tidak mengenal lagi dengan Nabi Muhammad SAW.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: