Kementerian ESDM Tetapkan PT SBS Peraih Penghargaan Good Mining Practice 2023

Kamis, 05 Oktober 2023, 11:25 WIB | Bisnis | Nasional
Kementerian ESDM Tetapkan PT SBS Peraih Penghargaan Good Mining Practice 2023
Aktivitas tambang PT SBS di kawasan pertambangan batu bara site PT Bukit Asam. (istimewa)

JAKARTA (5/10/2023) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) anugerahi PT Satria Bahana Sarana (SBS) sebagai salah satu perusahaan penerima Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2023 (Good Mining Practice Award 2023).

Penghargaan yang diberikan dalam rangka peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78 ini, PT SBS meraih penghargaan Aspek Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara peringkat Pratama di site PT Bukit Asam (PTBA).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada Badan Usaha Pertambangan mineral dan batubara yang berhasil menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik sekaligus sebagai tolak ukur hasil kinerja pembinaan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

Dalam sambutannya, Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan, Badan Usaha dapat terus memberikan manfaat yang baik bagi lingkungan dan masyarakat serta sekitar.

Baca juga: Ekosistem Industri Terintegrasi jadi Mandat Pemerintah, Ini Perusahaan yang Telah Lakukan Hilirisasi

"Semoga penerapan kaidah teknik pertambangan minerba yang baik, seluruh stakeholder minerba bisa berkontribusi memberi manfaat bagi masyarakat," kata Arifin dalam acara Good Mining Practice Award 2023 secara daring, dikutip Kamis (5/10/2023).

Pada kesempatan yang sama, Plt Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Suswantono mengatakan, pengusaha tambang harus berkomitmen menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik guna mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

Penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik pun diharapkan memunculkan optimisme perbaikan iklim investasi dan tata kelola industri pertambangan di Indonesia.

"Pengelolaan kegiatan usaha pertambangan minerba selayaknya dapat berlangsung secara efektif, efisien, aman, dan ramah lingkungan, sehingga cita-cita bersama mewujudkan industri pertambangan yang memberikan manfaat untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat bisa kita capai," ulas Bambang Suswantono.

Kementerian ESDM berharap, Badan Usaha agar terus termotivasi dan konsisten dalam untuk mewujudkan kegiatan usaha pertambangan yang bertanggungjawab, optimal dalam pengelolaan sumber daya mineral dan batubara, berwawasan lingkungan dan mengutamakan keselamatan sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: