Upacara Kesaktian Pancasila, Hassanudin: Perkuat Keharmonisan dalam Keberagaman

Senin, 02 Oktober 2023, 09:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Upacara Kesaktian Pancasila, Hassanudin: Perkuat Keharmonisan dalam Keberagaman
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Tugu Letda Sujono, Perkebunan Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Simalungun, Ahad. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

SIMALUNGUN (1/10/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menegaskan, setiap elemen masyarakat harus senantiasa merekatkan keharmonisan dalam keragaman dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

"Seluruh masyarakat Sumut, diharapkan terus memperkuat keharmonisan dalam keberagaman," ungkap Hassanudin usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Tugu Letda Sujono, Perkebunan Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Simalungun, Ahad.

Saat memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Bandar Betsy, Hassanudin mengatakan, selama ini banyak hal yang bisa merenggangkan kesatuan dan persatuan di Republik Indoensia. Namun dengan ideologi Pancasila, persatuan dan kesatuan tetap dapat terus dijaga.

"Kita bertekad selalu waspada dan tidak terbuai dengan kondisi yang dapat menciptakan perpecahan. Memang selama ini kita mengalami gangguan, oleh sebab itu kita tidak boleh terbuai dan terlena akan hal itu," kata Hassanudin.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Karena itu, nilai luhur Pancasila sebagai falsafah berbangsa dan bernegara harus terus dijaga. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam menjaga nilai luhur Pancasila, salah satunya adalah dengan cara mengamalkannya.

Hassanudin juga mengatakan, bahwa nilai luhur Pancasila akan terus relevan bagi setiap generasi bangsa.

"Pancasila ini akan selalu dan terus relevan bagi setiap generasi bangsa. Sehingga Pancasila bisa terus diamalkan sesuai dengan kondisi zamannya," katanya.

Pada upacara tersebut juga dibacakan ikrar peringatan Kesaktian Pancasila oleh Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Mustafa Nasution.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

Dalam ikrar tersebut, ratusan peserta upacara yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat menyatakan, membulatkan tekad tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan untuk menjaga keutuhan NKRI.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: