RDP Komisi VI dengan BUMN Sektor Transportasi, Nevi: Modernisasi Armada, Tingkatkan Kualitas Layanan

Kamis, 21 September 2023, 16:30 WIB | Bisnis | Nasional
RDP Komisi VI dengan BUMN Sektor Transportasi, Nevi: Modernisasi Armada, Tingkatkan...
Anggota Komisi VI DPR, Nevi Zuairina.

JAKARTA (20/9/2023) - Anggota Komisi VI DPR, Nevi Zuairina menegaskan, transportasi yang efisien dan terjangkau adalah salah satu kunci untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Kita mendorong dan mendukung BUMN sektor transportasi untuk melayani rakyat karena negara kita yang berupa kepulauan," ungkap Nevi saat RDP Komisi VI DPR RI dengan Dirut PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), Dirut PT Industri Kereta Api (Persero) dan Dirut PT KAI (Persero).

Menurut Nevi, salah satu isu krusial yang mengemuka di sektor transportasi Indonesia adalah memastikan bahwa sistem transportasi itu melayani rakyat dengan baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Nevi menambahkan, sebagai negara kepulauan dengan populasi yang terus berkembang, Indonesia memerlukan sistem transportasi yang handal dan terjangkau.

Baca juga: PLN Bantu Rp75 Juta, Warga Ikut Berpartisipasi, Hasilnya Jalan Usaha Tani Sepanjang 300 Meter

Salah satu pilar utama dalam upaya ini adalah penguatan sektor kereta api. BUMN seperti PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI), PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Industri Kereta Api (INKA) memiliki peran penting dalam menghadirkan solusi transportasi yang efisien dan terjangkau bagi masyarakat.

Nevi menyadari, pengembangan kereta api sebagai moda transportasi utama adalah langkah yang strategis.

Kereta api tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga dapat mengatasi tantangan mobilitas di pulau-pulau yang sulit dijangkau oleh jalan raya atau jalur udara.

"Dengan menghadirkan kereta api yang lebih cepat, lebih murah dan lebih andal, kita dapat meningkatkan aksesibilitas, mengurangi kemacetan lalu lintas serta mengurangi dampak lingkungan," terang Nevi.

Baca juga: Nevi Zuairina: Pendidikan Agama jadikan Siswa Individu yang Bertanggungjawab

"Saya akan memastikan bahwa BUMN transportasi seperti PELNI, KAI dan INKA, berfokus pada peningkatan kualitas layanan mereka, termasuk pemeliharaan dan modernisasi armada," ungkap dia.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: