Harga Melonjak, Pemkab Tanah Datar Pastikan Stok Beras Tersedia

Kamis, 21 September 2023, 17:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Harga Melonjak, Pemkab Tanah Datar Pastikan Stok Beras Tersedia
Bupati Tanah Datar, Eka Putra didampingi Kepala Dispakan Tanah Datar, Suhermen saat memeriksa stok beras di Batusangkar, Kamis. (irfan taufik)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

TANAH DATAR (21/9/2023) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memastikan ketersediaan beras cukup untuk beberapa bulan ke depan.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan) Tanah Datar Suhermen mengatakan stok beras di Kabupaten Tanah Datar mencukupi untuk beberapa bulan ke depan.

"Neraca pangan di Tanah Datar hingga Minggu kedua September sebanyak 980 ton, sedangkan kebutuhan masyarakat hanya 614 ton," kata Suhermen di Batusangkar, Kamis.

Suhermen menyebutnya sesuai Arah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dimana pemerintah daerah harus dapat mengendalikan harga dan ketersediaan beras.

Baca juga: Iqbal-Amasrul, Hendri-Hidayat dan Fadli-Maigus Sah jadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Pilkada Serentak 2024

"Beras merupakan salah satu komoditas pangan yang menjadi penyebab inflasi," tutur Suhermen.

Ia mengatakan berdasarkan data lapangan, harga beras di Kabupaten Tanah Datar relatif stabil, meski terjadi peningkatan harga namun tidak terlalu signifikan.

"Untuk beras kualitas premium dijual Rp16.000 per kilogram, beras kelas dua dijual Rp14.000 per kilogram, dan beras medium mengacu pada bulog yaitu Rp9.950 per kilogram," jelas Suhermen.

Ia menyampaikan terkait fenomena alam atau El Nino yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, gagal melakukan pencegahan dengan meningkatkan cadangan pangan.

Baca juga: Jefri Hariyanto Pimpin Coklit Perdana ke Rumah Ketua KPU Padang 2019-2024

Suhermen menyebut, Pemkab Tanah Datar memiliki cadangan pangan di beberapa lokasi seperti di Bulog Subdivre Cabang Solok, Perusahaan Umum Daerah Tuas Sepakat, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Muda Bersatu.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Irfan Taufik
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024