Ini 15 Tokoh dan Pelaku Budaya Peraih Anugerah Budaya Riau Tahun 2023

Sabtu, 12 Agustus 2023, 15:01 WIB | Wisata | Provinsi Riau
Ini 15 Tokoh dan Pelaku Budaya Peraih Anugerah Budaya Riau Tahun 2023
Gubernur Riau, Syamsuar bersama Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen dan para peraih anugerah budaya pada kegiatan Anugerah Budaya Riau tahun 2023. (humas)

PEKANBARU (11/8/2023) -- Dinas Kebudayaan berikan penghargaan pada 15 tokoh budaya dan pelaku budaya Riau pada kegiatan Anugerah Budaya Riau tahun 2023. Penghargaan ini diserahkan Gubernur Riau, Syamsuar di Pekanbaru, Jumat.

Dalam sambutannya, Syamsuar mengungkapkan, Provinsi Riau kaya akan berbagai macam budaya seperti satu diantaranya warisan budaya tak benda. Warisan ini merupakan jati diri masyarakat yang harus dijaga dari generasi sebelumnya dan dilestarikan untuk masa depan.

"Budaya ini adalah identitas bangsa oleh karena itu mutlak harus dipertahankan dan dilestarikan," kata Syamsuar.

Diceritakan Syamsuar, sebelum penyerahan anugerah ini, dirinya menerima tamu dari Mufti Negeri Perlis.

Baca juga: LLDIKTI Riau-Kepri Terbentuk, Syamsuar: Kantor Sudah Disiapkan, jika Butuh Pegawai akan Disediakan

Kedatangan tamu itu, bertujuan untuk menjemput dirinya berkenan datang untuk menjadi pembicara dikegiatan seminar Budaya Melayu Islam.

Dijelaskan, pihak dari Negeri Perlis tersebut mengundang Gubri karena Riau identik dengan budaya melayu dan nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu, Mufti Negeri Perlis ingin menunjuk Gubernur Syamsuar sebagai motivatornya.

"Saya tanya pada beliau, mengapa harus saya yang menjadi pembicaranya. Ternyata, yang pertama itu beliau mengatakan, kebudayaan melayu di Riau ini sejalan juga dengan agama mayoritas di sini."

"Kemudian, Malaysia itu sudah terjajah yang berkaitan adat istiadat dan budaya apalagi bahasa campur. Oleh karna itulah, pentingnya kita menjaga budaya ini," jelasnya.

Baca juga: Riau Garden Disiapkan jadi Destinasi Kuliner Halal, Aman dan Sehat, Ini Kata Gubernur Riau

Dengan demikian, menurut dia, saat ini baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah telah mempunyai perhatian khusus terhadap pelestarian budaya.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: