Ornamen Hias Puncak Masjid Jami' Air Tiris Disambar Petir, Serpihannya Tersebar hingga 10 Meter

Kamis, 25 Januari 2024, 13:15 WIB | Wisata | Provinsi Riau
Ornamen Hias Puncak Masjid Jami' Air Tiris Disambar Petir, Serpihannya Tersebar hingga 10...
Ornamen hias pada puncak atap Masjid Jami' Air Tiris, alami kerusakan setelah disambar petir, Selasa (23/1/2024) sekitar pukul 20.30 WIB. (humas)

KAMPAR (25/1/2024) - Ornamen hias pada puncak atap Masjid Jami' Air Tiris disambar petir, Selasa (23/1/2024) malam, sekitar pukul 20.30 WIB. Serpihannya berserakan di halaman masjid hingga atar rumah warga berjarak 10 meter dari lokasi.

"Kita mendapat laporan dari Pak Nazarudin selaku ketua masjid, bahwa ornamen hias di kemuncak atap masjid ada yang retak bahkan pecah. Kerusakannya sudah disurvei didampingi Disbudpar Kampar dan ketua Masjid Jami'Air Tiris," ungkap Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen kepada media, Rabu.

Diketahui, Masjid Jami' Air Tiris ini merupakan Cagar Budaya Provinsi Riau sejak tahun 2017 lalu.

Akibat sambaran petir itu, ungkap dia, soundsystem dan kipas angin masjid, kini tidak berfungsi lagi.

Baca juga: Disambar Petir, Rumah Karyawan Semen Padang Terbakar

"Khusus dalam hal penanggulangan kerusakan dan penggantian ornamen, diperkirakan membutuhkan dana Rp82 juta," ungkap Raja Yoserizal.

"Jika ditambahkan dengan alat penangkal petir atau grounding, maka membutuhkan anggaran sekitar Rp100 juta," tambahnya.

Usai peninjauan, Disbud Riau mendorong pengurus masjid mengajukan surat permohonan pada Pemkab Kampar, Pemprov Riau dan BPK Wilayah IV.

Selain itu, disarankan untuk mengusahakan bantuan melalui dana CSR BUMN. Seperti PT Telkom yang memiliki tower berdampingan dengan bangunan masjid.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IV, Jumhari, juga langsung merespon laporan Kadisbud Riau walaupun baru secara lisan laporan tersebut disampaikan.

Dijadwalkan, pada Sabtu (27/1/2024), Disbud Riau bersama pihak BPK Wilayah IV akan turun ke lokasi untuk melakukan tinjauan kembali, sebelum melakukan langkah-langkah strategis selanjutnya.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: