Pemprov Sumut Daftarkan Nelayan Sibolga dan Tapteng jadi Peserta Asuransi Jiwa, Ini Alasannya

Jumat, 04 Agustus 2023, 03:00 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatra Utara
Pemprov Sumut Daftarkan Nelayan Sibolga dan Tapteng jadi Peserta Asuransi Jiwa, Ini...
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat penyerahan secara simbolis asuransi jiwa bagi nelayan Sibolga dan Tapteng usai usai salat subuh berjemaah di Masjid Agung Sibolga, Rabu. (humas)

SIBOLGA (3/8/2023) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi serahkan secara simbolis asuransi jiwa dari Pemprov Sumut untuk 300 nelayan di Sibolga dan 500 nelayan di Tapteng. Penyaluran bantuan ini dilakukan setiap tahun untuk menjamin keselamatan para nelayan.

"Setiap tahun kita bagikan ke seluruh daerah di Sumut, bukan cuma Sibolga dan Tapteng untuk menjamin jiwa para nelayan kita," kata Edy Rahmayadi yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, saat menyerahkan 800 asuransi jiwa untuk para nelayan di Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, Kamis.

Dua daerah ini, menurutnya, punya peran penting terhadap suplai ikan di Sumut dan daerah lainnya di Sumatera.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hasil tangkapan ikan di Kota Sibolga sekitar 30.517 ton tahun 2019, sedangkan Tapanuli Tengah (Tapteng) sekitar 38.348 ton. Ini membuat kedua kedua daerah menjadi salah satu penghasil terbesar ikan di Sumut.

Baca juga: Tangkap Ikan dengan Bahan Peledak, Kapal Asal Sibolga Diamankan Polres Mentawai

"Sebagian besar ikan di Sumut berasal dari sini, kalau suplainya bermasalah pasti mempengaruhi daerah lain, kita perlu jaga itu termasuk menjaga nelayan-nelayan kita," kata Edy Rahmayadi usai salat subuh berjemaah di Masjid Agung Sibolga, Jalan S Parman, Kota Sibolga, Rabu.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut, Hamdan Sukri Siregar, tahun 2023 ini Pemprov membagikan 6.000 asuransi jiwa pada para nelayan. Program ini dilakukan karena cukup tingginya angka kecelakaan nelayan.

Selain menyerahkan asuransi, Edy Rahmayadi juga memberikan santunan kepada anak yatim. Bersama rombongan, Edy kemudian berjalan kaki menuju Pasar Baringin, Sibolga, untuk mengecek langsung harga-harga bahan makanan.

Ikut serta mendampingi Gubernur Edy Rahmayadi, Wakil Walikota Sibolga, Pantas Maruba Lumbantobing, Danrem 023/KS, Kolonel Inf Lukman Hakim serta unsur Forkopimda lainnya.

Hadir juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas S Sitorus, Kepala Badan Pendapatan Daerah Achmad Fadly serta OPD terkait lainnya. (*)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: