Edurank Catatkan UIR Peringkat 77 se-Indonesia, Nomor 1 di Riau

Sabtu, 29 Juli 2023, 09:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
Edurank Catatkan UIR Peringkat 77 se-Indonesia, Nomor 1 di Riau
Kampus UIR Riau.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PEKANBARU (28/7/2023) - Edurank catatkan Universitas Islam Riau (UIR) menduduki posisi 77 untuk pemeringkatan perguruan tinggi se-Indonesia serta peringkat ke 2 untuk perguruan tinggi se-Riau. Hal tersebut juga menguatkan bahwa UIR berhasil menjadi PTS peringkat 1 untuk wilayah Riau.

"Dengan UIR sudah menduduki posisi 77 se-Indonesia dan posisi 1 untuk PTS terbaik se Riau, tentu akan semakin menguatkan pemeringkatan kampus menuju universitas Islam yang berkelas dunia berbasis iman dan takwa," ujar Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUI&K) UIR, Dr Rendi Prayuda, Jumat.

Edurank merupakan salah satu lembaga pemeringkatan universitas internasional yang berbasis di Amerika Serikat. Dilansir dari website edurank.org, lembaga ini memberikan pemeringkatan pada 14.131 universitas dari 183 negara di seluruh dunia.

Terdapat 562 universitas di Indonesia yang dihimpun datanya lalu diberikan pemeringkatan. Edurank memiliki kriteria dalam melakukan penilaian adapun aspek-aspek yang dinilai seperti reputasi, kinerja penelitian dan dampak oleh alumni.

Baca juga: HUT ke-67 Tahun, PDRB Riau Terbesar Kedua di Luar Pulau Jawa

Menggunakan basis data 1,24 Miliar sitasi dari 44,9 Juta publikasi ilmiah terindeks, Edurank membuat perangkingan universitas dalam 13 academic field (bidang akademik) dengan 246 cabang keilmuan.

Rendi mengatakan, UIR sejak dua tahun terakhir jadi semakin fokus dan gencar dalam melaporkan kinerja perguruan tinggi baik pada pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu indikator spesifik yang dinilai Edurank, jurnal-jurnal dan publikasi internasional dosen-dosen UIR yang akan berimplikasi pada sitasi internasional, sehingga meningkatkan performa UIR di kancah internasional terutama dalam pemeringkatan internasional.

"Semoga dengan pemeringkatan ini dapat memacu kinerja sivitas akademika UIR terutama dalam bidang publikasi internasional dan sitasi agar kita mampu berdaya saing global," tegasnya. (*)

Baca juga: Pj Gubernur Dialog dengan Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: