Kemendagri Minta Daerah Fasilitasi Sertifikasi Halal Produk UMKM, Ini Kata Asisten I Pekanbaru

Jumat, 07 Juli 2023, 03:00 WIB | Valoranews Pekanbaru | Kota Pekanbaru
Kemendagri Minta Daerah Fasilitasi Sertifikasi Halal Produk UMKM, Ini Kata Asisten I...
Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro.

PEKANBARU (6/7/2023) - Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro menegaskan, pelaksanaan program sertifikasi halal, akan memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya, memberikan kepastian hukum terhadap kehalalan suatu produk.

"Ini dibuktikan dengan adanya sertifikat halal, sehingga dapat memberikan kepastian bagi seluruh masyarakat termasuk pelaku usaha," terang Suhajar Diantoro dalam webinar akselerasi sertifikasi halal bagi pemberdayaan UMKM di daerah, yang dilaksanakan di Gedung F Kantor Pusat Kemendagri, Selasa.

Dia meminta pemerintah daerah, untuk dapat memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam melakukan pengurusan sertifikasi halal berbagai produk.

Langkah ini dilakukan untuk mendorong peningkatan kualitas belanja bagi peningkatan pelayanan publik dan menumbuhkan investasi di daerah, serta mengakselerasi penggunaan produk dalam negeri.

Baca juga: Muflihun: PPDB Harus Zero Pungli

Webinar percepatan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang digelar Kemendagri ini, menggandeng Kemenag.

Menanggapi instruksi Kemendagri ini, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi menyampaikan, Dinas Koperasi UMKM Pekanbaru sudah melaksanakan MoU dengan Halal Centre Cendekia Muslim, untuk fasilitasi dan pendampingan pengurusan sertifikat halal bagi produk UMKM.

"Dinas Koperasi juga sudah melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM. Saat ini, sudah diterbitkan 559 sertifikat halal produk UMKM di Kota Pekanbaru dan saat ini sedang berproses untuk yang lainnya," jelas Masykur Tarmizi, Rabu.

Kedepannya, lanjut Masykur Tarmizi, dinas teknis akan terus di dorong untuk dapat memfasilitasi penerbitan sertifikat halal bagi produk UMKM di Pekanbaru. (*)

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang Bandara SSK II Naik 15 Persen

IKLAN PANTARLIH

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: