3919 Warga Pekanbaru Kategori Kemiskinan Ekstrim, Dinsos: Datanya Valid

Jumat, 23 Juni 2023, 03:00 WIB | Valoranews Pekanbaru | Kota Pekanbaru
3919 Warga Pekanbaru Kategori Kemiskinan Ekstrim, Dinsos: Datanya Valid
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru, Idrus.

PEKANBARU (23/6/2023) - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru, Idrus menyebutkan, angka kemiskinan ekstrim di ibu kota provinsi Riau ini berkurang.

Pengurangan ini dipastikan, seiring tuntasnya petugas dari Dinsos Pekanbaru bersama kecamatan dan kelurahan, merampungkanmonitoring dan validasi data angka kemiskinan ekstrim.

"Kita telah melakukan pendataan door to door selama satu bulan kemarin. Didapat angka final, kemiskinan ekstrim itu meliputi 3.919 jiwa warga Pekanbaru," ungkap Kepala Dinsos Pekanbaru, Idrus, Rabu.

Petugas melakukan verifikasi dan validasi data, terang dia, pada 83 kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru. Mereka memvalidasi data warga yang tercatat alami kemiskinan ekstrem pada tahun 2022 kemarin.

Baca juga: Muflihun: PPDB Harus Zero Pungli

Menurutnya, pendataan yang dilakukan cukup valid, karena melibatkan tim dari Dinsos, kecamatan dan kelurahan di masing-masing wilayah.

Awalnya, data tahun 2022 kemarin menunjukn terdapat 4.000 jiwa lebih warga yang alami kemiskinan ekstrim tersebut.

Setelah dilakukan verifikasi dan validasi, urai Idrus, didapati sebanyak 715 Kepala Keluarga (KK) atau 3.919 jiwa warga yang alami kemiskinan ekstrim.

"Data ini juga setelah dilakukannya musyawarah kelurahan," ungkap dia.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang Bandara SSK II Naik 15 Persen

"Artinya jumlah ini alami penurunan. Kalau ada intervensi dari pemerintah, Insya Allah di tahun 2024 warga alami kemiskinan ekstrim akan turun drastis. Karena, ada dana sharing dari pemerintah," jelasnya. (*)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: