BBPOM Luncurkan Aplikasi Sipetir Aman, Ini Harapan Sekda Pekanbaru

Rabu, 21 Juni 2023, 14:00 WIB | Valoranews Pekanbaru | Kota Pekanbaru
BBPOM Luncurkan Aplikasi Sipetir Aman, Ini Harapan Sekda Pekanbaru
BBPOM Pekanbaru bersama Inda Pomi (Sekda Pekanbaru) luncurkan Sinergi Pendampingan Terpadu Izin Edar yang Ramah Lingkungan (Sipetir Aman) di Pekanbaru, Senin. (humas)

PEKANBARU (21/6/2023) - BBPOM Pekanbaru luncurkan aplikasi Sinergi Pendampingan Terpadu Izin Edar yang Ramah Lingkungan (Sipetir Aman).

"Sipetir Aman ini salah satu inovasi BBPOM Pekanbaru dalam rangka memberikan pelayanan pada UMKM. BBPOM membantu perizinan maupun pendampingan berkaitan dengan UMKM yang ramah lingkungan," kata Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi saat meluncurkan Sipetir Aman, Senin.

Pada peluncuran ini sekaligus digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pangan Olahan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

Program Bimtek ini sejalan dengan program Pemko Pekanbaru. Pemko sangat mendukung pertumbuhan UMKM. Bahkan, UMKM itu diberi subsidi bunga bagi meminjam ke bank.

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk UMKM Paling Banyak Diminati! Cocok Untuk Ide Usaha di Rumah

"Kami juga memberikan bantuan desain kemasan produk UMKM. Hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM. Sehingga, produk UMKM lebih bisa dipasarkan," ujar Indra Pomi.

Sebenarnya, produk UMKM Pekanbaru sama kualitasnya dengan daerah lain. Namun, kualitas kemasannya belum bisa bersaing. Perizinan UMKM juga belum lengkap.

"Dengan aplikasi Sipetir Aman, UMKM ini bisa mempermudah perizinan. Instansi terkait akan mendatangi para pelaku UMKM agar diberi pembinaan," jelas Indra Pomi.

Dikatakan, biaya retribusi UMKM diturunkan. Izin edar juga dapat diintervensi oleh BBPOM. Mengenai pajak, tak semua UMKM bisa dikenai pajak. Karena, ada nominal pendapatan tertentu yang dapat dikenai pajak.

Baca juga: UMKM Lokal Difasilitasi Pameran di HUT Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62

"Yang penting, pelaku UMKM melaporkan pajaknya," pungkas Indra Pomi. (*)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: