Seminar Inovasi Teknologi Peternakan, Nevi: Generasi Milenial Berperan Bantu Ketahanan Pangan

Selasa, 20 Juni 2023, 11:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Seminar Inovasi Teknologi Peternakan, Nevi: Generasi Milenial Berperan Bantu Ketahanan...
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina jadi narasumber Seminar Inovasi Teknologi Peternakan Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang diselenggarakan Forum Silaturahmi Mahasiswa Peternakan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. (humas)

PAYAKUMBUH (20/6/2023) - Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina menyampaikan, di era bonus demografi, perlu mengoptimalkan momentum untuk membangun kekuatan yang dapat diberdayakan dari sumber daya manusia yang ada.

Tantangan negeri ini, menurut Nevi, adalah banyak sekali lulusan dari sekolah menengah kejuruan atau perguruan tinggi jurusan peternakan yang menganggur, bahkan mereka lebih memilih bekerja lintas jurusan yaitu berkecimpung di dunia perbankan.

"Ini mesti dipecahkan bersama semua pihak termasuk pemerintah untuk mengelola sumberdaya produktif yang bertujuan pada kemandirian dan kedaulatan pangan," tutur Nevi saat jadi narasumber Seminar Inovasi Teknologi Peternakan Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang diselenggarakan Forum Silaturahmi Mahasiswa Peternakan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Pekan Nasional (Penas) Tani Nelayan Indonesia untuk meningkatkan wawasan persoalan ketahanan pangan di kalangan mahasiswa.

Baca juga: ADHIKARYA PANGAN NUSANTARA, Firdaus: Jadikan Penghargaan ini, sebagai Pelecut Semangat di Lapangan

Anggota Banggar DPR ini mengutip data Dukcapil, bahwa jumlah penduduk Indonesia mencapai 275,36 juta jiwa pada Tahun 2022.

Besarnya penduduk yang dimiliki negara ini, lanjut Nevi, dapat jadi kekuatan atau malah sebaliknya kelemahan,tergantung kemampuan bangsa ini dapat mengoptimalkannya. Karena banyaknya penduduk ini akan butuh pangan setiap harinya.

Nevi menambahkan, bahwa sektor peternakan merupakan sektor yang berkontribusi terhadap proses pembangunan di Indonesia khususnya di pedesaan.

Menurutnya, sektor peternakan selalu dibutuhkan dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan protein manusia.

Baca juga: Syamsul Bahri: Jaga Lahan Pertanian untuk Penyangga Ketahanan Pangan

Di saat yang sama, lanjutnya, seiring berjalannya waktu, tuntutan untuk memenuhi kebutuhan pangan juga meningkat.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: