Pendapatan PT SBS Naik 172 Persen Utamakan Pekerja Lokal jadi Komitmen

Jumat, 05 Mei 2023, 14:39 WIB | Bisnis | Nasional
Pendapatan PT SBS Naik 172 Persen Utamakan Pekerja Lokal jadi Komitmen
Ilustrasi.

MUARA ENIM (5/5/2023) -- Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah menilai, komitmen PT Satria Bahana Sarana (SBS) menggunakan tenaga kerja lokal, layak ditiru perusahaan lain dalam memberikan kontribusi pada masyarakat sekitar lokasi usaha.

"Ini kontribusi yang baik. Salah satu contoh yang baik itu memang lokalitas tenaga kerja harus diberdayakan. Saya sangat menjunjung tinggi itu dan menyerukan kepada perusahaan manapun, oleh karena itu saya apresiasi PT SBS," kata Kaffah dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jumat.

Selama ini, terang dia, dirinya sudah melihat langsung kontribusi PT SBS yang nyata dengan penyerapan tenaga kerja lokal yang jadi nilai lebih bagi PT SBS, dimana pemberdayaan ini dapat meningkatkan perekonomian di Muara Enim.

Diketahui, PT SBS yang bergerak di jasa penambangan batubara dan penyewaan alat berat memiliki 900 pegawai. Sebanyak 813 pegawai di antaranya, merupakan tenaga kerja lokal dari Kelurahan Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga: Tanggung Iuran 400 Warga Muara Enim, PT SBS Raih Penghargaan Bupati dan BPJS Ketenagakerjaan

Sebanyak 10 persen pegawai PT SBS lainnya merupakan tenaga kerja yang berasal dari Jakarta, Bandar Lampung dan Palembang.

"Dari data di atas jumlah pegawai PT SBS bulan April berjumlah 900 orang dimana 90% merupakan pegawai lokal Tanjung dan sisanya point of hire non lokal," kata Senior Manajer SDM PT SBS, Yudhi Wibowo.

PT SBS merupakan anak perusahaan PT Bukit Multi Investama (BMI) yang diakuisisi oleh PT Bukit Asam (PTBA) sejak 20 Januari 2015.

Selain itu, 754 pegawai merupakan pegawai yang berada di rentan usia produktif, yakni 20 sampai 45 tahun.

Baca juga: Kementerian ESDM Tetapkan PT SBS Peraih Penghargaan Good Mining Practice 2023

Naik

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: