KAJIAN EKONOMI UGM: Pessel Masuk Daerah yang Menarik Perhatian Investor

Kamis, 04 Mei 2023, 09:02 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
KAJIAN EKONOMI UGM: Pessel Masuk Daerah yang Menarik Perhatian Investor
Amirullah Setya Hardi, Peneliti P2EB FEB dari Universitas Gajah Mada (UGM), (tengah) saat jumpa pers, bersama Sekda Pessel Mawardi Roska, dan Kepala BPKPAD Hellen Hasmeita, di Painan, Rabu (3/05/2023). Foto: tusrisep

"Ini menarik, kalau kita lihat kontribusinya yang menurun itu, artinya perekonomian ini tidak lagi bergantung kepada pengeluaran pemerintah," jelasnya.

Jadi bisa dibayangkan kalau sebuah area kalau kontribusi sektor pemerintahnya tinggi, itu artinya peran pemerintah itu yang menjadi penggerak ekonomi di sana.

"Nah, ini (Pessel) tidak," jelasnya.

Ini mulai menurun, kemudian ada peningkatan di sektor perdagangan, kontruksi, tapi tadi ada penurunan di sektor pertanian.

"Jadi saya kira ke depan, Kabupaten Pessel sudah mulai ada perubahan menuju ke masyarakat yang mungkin sebagian plural," terang Amirullah.

Konsumsi Meningkat

Kalau tadi bicara di sisi sektoral lapangan usaha, ternyata ada catatan lain juga dari kami

Bahwa, perekonomian di kabupaten Pessel sejak 2010 - 2022 itu dengan persentase 50 - 60 % itu didukung oleh pengeluaran konsumsi rumah tangga,.

Jadi bisa dibayangkan bahwa ekonomi itu, digerakkan oleh kegiatan konsumsi rumah tangga yang dilakukan oleh masyarakatnya sendiri.

Artinya produksi dari kita kemudian nanti juga dikonsumsi sendiri oleh masyarakat. Dan, ini sebuah hal yang cukup penting.

Yang paling penting lagi, adalah kegiatan ekonomi masyarakat itu tidak ditopang oleh barang yang berasal dari tempat lain.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: