KAJIAN EKONOMI UGM: Pessel Masuk Daerah yang Menarik Perhatian Investor

Kamis, 04 Mei 2023, 09:02 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
KAJIAN EKONOMI UGM: Pessel Masuk Daerah yang Menarik Perhatian Investor
Amirullah Setya Hardi, Peneliti P2EB FEB dari Universitas Gajah Mada (UGM), (tengah) saat jumpa pers, bersama Sekda Pessel Mawardi Roska, dan Kepala BPKPAD Hellen Hasmeita, di Painan, Rabu (3/05/2023). Foto: tusrisep

Hal lain yang perlu disampaikan adalah, covid yang kemarin terjadi memang dirasakan oleh semuanya, termasuk Kabupaten Pessel.

Tapi, yang paling menarik adalah, adanya recoverian (pemulihan) yang relatif cepat di kawasan ini.

"Ini sangat terbantu oleh support ekonomi yang ada di sini, yang memang lebih dari 30 % disumbangkan oleh sektor pertanian," ujarnya.

Baca juga: Cara Kumpulkan Rp50 Juta dalam 365 Hari, Strategi Menabung Dana Darurat 2024

Kabupaten Ini Berkembang

Di sektor pertanian, hampir semuanya merata. Baik ketahanan pangan, holtikultura, perkebunan, perikanan, dan peternakan memberikan sumbangan yang cukup bagus.

"Catatan kami, ada sekitar 36 % sumbangan dari sektor pertanian di tahun 2022," ucap Amirullah.

Kemudian, hal lain yang perlu diperhatikan, bahwa sudah mulai ada shifting (pergeseran) atau perubahan sektor.

Kalau kita lihat, dari tahun 2010 sektor pertanian itu sumbangannya kira kira 41 % . Tapi secara lambat laun, dia menurun sampai di angka 36 % di tahun 2022.

Artinya apa, ketika sumbangannya menurun, berarti kontribusi yang diberikan sektor pertanian itu tidak lagi seperti dulu.

Nah, tentunya ini suatu hal yang harus di antisipasi, karena begitu ada shifting sektoral, biasanya kita mencari sektor mana yang memberikan peningkatan kontribusi bagi perekonomian.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: