Supardi: Pengelolaan Pariwisata Berbasis Budaya Sumbar belum Secanggih Bali dan Yogyakarta

Minggu, 30 April 2023, 16:34 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Supardi: Pengelolaan Pariwisata Berbasis Budaya Sumbar belum Secanggih Bali dan Yogyakarta
Ketua DPRD Sumbar Supardi, SH ketika berkunjung dan melihat dari dekat wisata budaya Istano Basa Pagaruyung, Minggu (30/4/2023).

"Adanya museum benda-benda peninggalan kerajaan Pagaruyung serta informasi-informasi keberadaan istano basa pagaruyung dan keterkaitan dengan sejarah bangunan lainnya, tentunya menjadi magnet daya tarik sebaiknya dimulai memanfaatkan teknologi informasi, misalnya dengan e_istanobasapagaruyung," ujarnya.

Supardi amat berharap hal-hal budaya dan karateristik identitas Minangkabau ini dapat diakses oleh semua masyarakat, baik di ranah maupun yang besar di perantauan, sebagai pengetahuan dan pelajaran kebaikan.

"Untuk pengembangan aktifitas istano Basa Pagaruyung agar juga melibatkan kalangan seniman, budayawan dan wartawan, sehingga eksplorasi berbentuk even dan kegiatan keberadaan istano Basa Pagaruyung terukur, terjaga dan menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat secara khusus dan masyarakat Indonesia secara umumnya," harap Supardi.

Baca juga: 'Virus FOMO' mulai Menjangkiti, Supardi: Payakumbuh Mesti Segera Temukan Jati Diri dan Berkolaborasi

Supardi juga menyebutkan secara spesifik pariwisata lebih maju dan terkemuka itu berbasis budaya.

Lihatlah wisata Bali, Yogyakarta serta negara-negara maju lain, pariwisatanya fokus terhadap wisata berbasis budaya. (kyo)

Ketua DPRD Sumbar, Supardi di Istana Basa Pagaruyung, Ahad.

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: