Ratusan Warga Pesisir Pantai Siberut Barat Langsung Mengungsi Pascagempa 7.3 SR

Selasa, 25 April 2023, 14:06 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Ratusan Warga Pesisir Pantai Siberut Barat Langsung Mengungsi Pascagempa 7.3 SR
Kondisi masyarakat dari dusun yang ada di tepi pantai wilayah kecamatan Siberut Barat, berdiam di pondok yang ada di perbukitan di wilayah itu, pascagempa berkekuatan 7.3 SR pada Rabu dinihari. (dok camat siberut barat)

MENTAWAI (25/4/2023) - Camat Siberut Barat, Jop Sirirui mengungkapkan, warga yang tinggal di pesisir pantai langsung lakukan evakuasi mandiri ke tempat ketinggian, pasca gempa 6.9 SR yang menggoncang Nias Selatan, Selasa dinihari, pukul 03.00 WIB. Awalnya, kekuatan gempa dirilis 7.3 SR.

"Warga dari dusun-dusun yang bermukim di sekitar pantai langsung bergerak ketempat ketinggian yang ada 3 desa di atasnya," ungkap Jop melaui pesan whatsapp, Selasa pagi.

Dikatakan Jop, evakuasi mandiri warga ini merupakan buah dari sosialisasi yang digelar berbagai pihak terkait terkait mitigasi bencana di Mentawai.

"Belum dapat terpantau kerusakan bangunan dan warga yang cedera. Kondisi cuaca hujan deras dan gelombang laut yang besar," ungkap Jop tentang kondisi di lapangan.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

"Warga diminta untuk tetap bertahan di lokasi evakuasi di puncak bukit sampai kondisi benar-benar dinyatakan aman," tambah Jop.

Sementara, Kepala BMKG Padang Panjang, Suhaidi Ahadi mengatakan, peringatan dini tsunami untuk Pulau Siberut dan Pulau Bala, berstatus awas.

Sementara, untuk Kota Padang dan pesisir barat Sumatera, ungkap Suhaidi, BMKG merilis status waspada.

Pada daerah dengan status awas ini, BMKG menyarankan, pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota diharap memerhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Baca juga: Periksa Lagi Kelayakan Sarana Mitigasi di Sumbar, Supardi: Perjelas SOP Pra dan Pasca Bencana

Pemerintah Provinsi serta Kabupatem/Kota yang berada pada status "SIAGA," memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: