UNP Gelar Shalat Idul Fitri 1444H Sabtu Pagi Ini: Prof Ganefri: Perbedaan 1 Syawal, Bukti Kedalaman Khazanah Keilmuan Islam

Sabtu, 22 April 2023, 10:24 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
UNP Gelar Shalat Idul Fitri 1444H Sabtu Pagi Ini: Prof Ganefri: Perbedaan 1 Syawal, Bukti...
Rektor UNP yang juga ketua PWNU Sumbar, Prof Ganefri memberikan sambutan jelang Idul Fitri 1444H, di Lapangan Rectorate and Research Center UNP, Sabtu pagi. (mangindo kayo)

PADANG (22/4/2023) - Rektor UNP, Prof Ganefri mengungkapkan, terjadinya perbedaan dalam menetapkan 1 Syawal 1444 H, berkonsekwensi dengan terjadinya sejumlah perbedaan di tengah ummat.

"Perbedaan ini harusnya dimaknai sebagai begitu dalamnya khazanah keilmuan dalam dunia Islam," ungkap Prof Ganefri saat memberikan sambutan pada Shalat Idul Fitri 1444 H di Lapangan Rectorate and Research Center UNP, Sabtu pagi.

Dikatakan Prof Ganefri, perbedaan yang terjadi saat merayakan Idul Fitri 1444 H tahun 2023 ini, sebenarnha sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang mengatakan, perbedaan itu adalah rahmat.

"Jangan jadikan perbedaan dalam menentukan 1 Syawal ini sebagai pemecah belah persatuan dan kesatuan kita. Ini adalah rahmat Allah," tegas Prof Ganefri yang juga ketua PWNU Sumbar.

Baca juga: PWNU Sumbar Berikan Penghargaan ke Irjen Suharyono di Hari Santri 2023, Mahyeldi: Santri Mesti Berperan Wujudkan Indonesia Emas 2045

Selain itu, Prof Ganefri juga mengucapkan terima kasih pada Kapolda Sumbar beserta jajaran serta unsur Forkopimda lainnya, yang telah bekerja keras mewujudkan daerah ini tetap kondusif.

Sementara, Khatib Shalat Idul Fitri 1444 H, Prof Asasriwarni dalam kutbahnya mengatakan, tidak semua orang yang bisa merasakan lezatnya takbir, tahmid dan tahlil di 1 Syawal ini.

"Di antara yang tak bisa merasakan lezatnya hari kemenangan ini adalah orang fasik dan munafiq," ungkap Prof Asasriwarni.

"Mereka merasakan kenikmatan hari kemenangan ini dengan hal-hal duniawi seperi kue lebaran, baju lebaran dan hal duniawi lainnya," tambah Prof Asasriwarni yang juga A'wan PBNU itu.

Baca juga: Gubernur Sumbar bersama Rektor UNP Usulkan Pengembangan RSAM Bukittinggi, Ini Alasannya

Shalat Idul Fitri 1444H di UNP ini diimami Heriadi Khatib Sutan.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: