PWNU Sumbar Berikan Penghargaan ke Irjen Suharyono di Hari Santri 2023, Mahyeldi: Santri Mesti Berperan Wujudkan Indonesia Emas 2045

Selasa, 24 Oktober 2023, 06:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
PWNU Sumbar Berikan Penghargaan ke Irjen Suharyono di Hari Santri 2023, Mahyeldi: Santri...
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono tertawa renyah usai mendapat penghargaan yang diserahkan Ketua PWNU Sumbar, Prof Ganefri, usai apel Hari Santri 2023 yang juga dihadiri Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Pesantren Ashabul Yamin, Lasi, Agam. (humas)

AGAM (23/10/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta santri terlibat dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 sebagaimana para ulama dan santri terdahulu mengukir tinta emas dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

"Salah satu caranya, dengan berbuat bagi agama dan bangsa melalui usaha memperdalam keimanan dan keilmuan," ungkap Mahyeldi saat bertindak sebagai Inspektur pada Apel Hari Santri Nasional ke-8 di Pondok Pesantren Ashabul Yamin, Lasi, Kabupaten Agam, Ahad (22/10/2023).

Seiring perkembangan zaman dan upaya memaksimalkan bonus demografi menuju Indonesia Emas 2024, terang Mahyeldi, para santri harus terus berjuang dan berupaya meningkatkan keimanan dan ilmu pengetahuan.

"Santri sebagai garda terdepan pembela moderasi Islam dan NKRI, harus bersungguh-sungguh untuk itu," tegas Mahyeldi.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

Mahyeldi mengingatkan, peringatan Hari Santri Nasional setiap 22 Oktober harus jadi momen penting bagi para santri untuk memperbaharui niat dan usaha dalam merawat bangsa melalui pemahaman, penerapan dan penyebarluasan nilai-nilai agama.

Sebab, pesantren adalah pusat pembinaan agama bagi umat. Termasuk di antaranya untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

"Kemerdekaan Indonesia adalah hasil dari jerih payah, banting tulang, serta alir darah para pejuang bangsa."

"Termasuk di antaranya para ulama, syekh, kiyai, serta santri yang terdahulu, yang berbuat bagi bangsa atas dasar keikhlasan mencari rido Allah SWT," ucap dia.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Santri hari ini, sebut Mahyeldi, harus siap untuk melanjutkan perjuangan yang telah dimulai oleh ulama dan santri terdahulu.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: