Korem 031 Wira Bima Gagas Budidaya Labu Madu, Ini Harapan Gubernur Riau

Rabu, 12 April 2023, 12:35 WIB | Bisnis | Nasional
Korem 031 Wira Bima Gagas Budidaya Labu Madu, Ini Harapan Gubernur Riau
Gubri Syamsuar (tengah) saat penanaman budidaya Labu Madu serentak, di Bumi Perkemahan, Kwarcab Pekanbaru, Rabu. (humas)

PEKANBARU (13/4/2023) - Gubernur Riau, Syamsuar menilai program ketahanan pangan yang digagas Korem 031/Wira Bima, dapat meningkatkan diversifikasi atau penganekaragaman pangan.

"Harapan kita, apa yang diupayakan ini, kiranya dapat mendukung dari kekuarangan pangan yang ada di Riau. Apa lagi saat ini Riau masih membutuhkan pangan dari provinsi tetangga yang sudah bekerjasama," ujar Syamsuar usai peluncuran Budidaya Labu Madu serentak di Bumi Perkemahan, Kwarcab Pekanbaru, Rabu.

Diversifikasi pangan merupakan upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja.

"Adanya inisiasi ini, mudah-mudahan kita dapat membantu usaha-usaha tanaman produktif yang bisa dimanfaatkan oleh petani-petani kita di negeri kita ini," imbuh Syamsuar.

Baca juga: Masyarakat Kuansing Gelar Tradisi Ghayo Onom, Kadisbud Riau: Daftarkan jadi Warisan Budaya Tak Benda

Ketahanan pangan yang diinisiasi Korem 031/Wira Bima ini, dilaksanakan secara serentak bersama Kodim di seluruh wilayah Riau.

Adapun yang dibudidayakan untuk program ketahanan pangan tersebut adalah labu madu yang kini lagi menjadi trend karena perawatan yang sangat mudah dan hasilnya luar biasa.

"Kami Pemda Riau menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Danrem bersama seluruh jajaran Kodim yang ada di Riau karena telah menginisiasi program ketahanan pangan," kata Syamsuar saat diwawancarai usai

"Labu madu ini lagi trend sekarang dan banyak peminatnya, bahkan siap di ekspor keluar negeri kalau sudah berlebih untuk kebutuhan negara kita," tambahnya.

Baca juga: Ribuan Warga Ikuti Shalat Idul Fitri di Mapolda Riau, Khatib: Nilai Kemuliaan Diikuti Iman dan Takwa

Karena perawatannya mudah dan menguntungkan, maka dari itu mantan Bupati Siak dua periode ini mengajak masyarakat, untuk memanfaatkan tanah terlantar agar menjadi tanah produktif.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: