Muncul di Survei Elektabilitas Pilkada Tanah Datar 2024, Ini Kata Musfi Yendra

Jumat, 10 Maret 2023, 21:51 WIB | Kabar Daerah | Kota Sawahlunto
Muncul di Survei Elektabilitas Pilkada Tanah Datar 2024, Ini Kata Musfi Yendra
Musfi Yendra adalah tokoh muda Sumatera Barat asal Tanah Datar, yang dikenal sebagai akademisi, filantropis.

Diakui Musfi, sebagai lembaga survei yang telah lebih dari 13 tahun ada di Sumbar, ia menilai, Liberte Institute adalah lembaga yang kredibel dan telah terbukti dalam banyak survei di Sumbar.

"Munculnya nama saya dalam survei elektabilitas tersebut sebagai bakal calon bupati, tentu dengan pertimbangan yang matang dari lembaga ini," kata Putra Nagari Tabek tersebut.

Direktur Eksekutif Liberte Institute, Indrayadi menyebutkan, pihaknya melakukan pengumpulan data pada 16-22 Februari 2023 dengan wilayah survei seluruh wilayah, dengan pengambilan data menyentuh semua Nagari serta 75 persen Jorong di Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga: Resah dengan Angka Kemiskinan Pessel, Angga Azkardha: Insya Allah Siap Ikut Kontestasi Pilkada 2024

"Metode Survei yang kita lakukan, Multistage Random Sampling, dengan jumlah responden 1.200 responden dengan Margin of Error 3 persen. Tingkat kepercayaan hingga 95 persen," terangnya.

Teknik pengumpulan data yang digunakan sebutnya, adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuisioner, dengan populasi survei ini adalah masyarakat Tanah Datar.

Pewawancara lapangan minimal mahasiswa S1 atau sederajat dan setengah nya merupakan mahasiswa S2 atau telah menyelesaikan S2. Validasi data dilakukan dengan membandingkan karakteristik demografis dari sampel yang diperoleh dari survei dengan populasi yang diperoleh melalui berbagai riset dan data BPS serta DPT pemilu 2019.

Wawancara yang dilakukan oleh surveyor dikontrol secara sistematis oleh tim Liberte Institute dengan melakukan cek ulang di lapangan sekitar 30 persen dari total data responden yang masuk, untuk menjamin akurasi data yang diperlukan.

Berdasarkan data responden yang diambil, responden laki-laki sebanyak 49,3 persen dan perempuan 50,7 persen. Dengan usia respondem 17-25 tahun sebanyak 7 persen, usia 26-35 tahun sebanyak 14 persen, usia 36-45 tahun sebanyak 25 persen.

Kemudian, usia 46-55 tahun sebanyak 24 persen, usia 56-65 tahun sebanyak 18 persen dan 65 tahun keatas sebanyak 12 persen. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: