Sistem Informasi Desa Tuapeijat Ditargetkan Tuntas Tahun Ini

Rabu, 22 Februari 2023, 13:33 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Sistem Informasi Desa Tuapeijat Ditargetkan Tuntas Tahun Ini
Aktivitas goro jajaran pemerintahan desa Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara, beberapa waktu lalu bersama unsur TNI. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

MENTAWAI (22/2/2023) - Sekretaris Desa (Sekdes) Tuapeijat, kecamatan Sipora Utara, Nobel menyebutkan, tahun 2023 ini pembuatan sistem informasi digital untuk Desa Tuapeijat, diupayakan tuntas. Pembangunan sistem informasi ini, dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) desa.

"Kedepannya, penggunaan sistem informasi desa digital ini akan melibatkan UMKM pelaku usaha transportasi dan yang lainnya," jelas Nobel, Rabu.

Sistim informasi digital dibuat melalui aplikasi, guna memudahkan masyarakat dalam mengakses data seputar informasi Desa Tuapeijat.

Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan mewujudkan implementasi pembangunan desa yang mudah diakses.

Baca juga: Pemdes Tuapeijat Verifikasi Ulang Calon Penerima BLT-DD Tahun 2023, Ini Alasannya

Aplikasi itu, nantinya akan dilengkapi dengan fitur-fitur untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data desa.

"Kita berharap, program ini akan berjalan dengan baik. Kalau berjalan lancar pemungutan distribusi akan diberlakukan, namun kita harus menyiapkan Peraturan Desa (Perdes) termasuk melibatkan Bumdes," ucap Nobel.

Sistem Informasi Desa memudahkan Desa menyusun data dan informasi digital tentang kondisi objektif Desa, menyusun perencanaan Pembangunan Desa yang berbasis data detail dan riil, mengarahkan kerja Pembangunan Desa secara sistematis, terukur, terarah, berkelanjutan, serta memfokuskan prioritas pemanfaatan Dana Desa, sesuai dengan kebutuhan kewargaan dan kewilayahan Desa untuk mempercepat pencapaian 18 tujuan SDGs Desa. (dni)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: