Genius Umar Dianugerahi Satyalancana Wira Karya

Selasa, 13 Desember 2022, 21:18 WIB | Kabar Daerah | Kota Pariaman
Genius Umar Dianugerahi Satyalancana Wira Karya
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyematkan penghargaan Satyalancana Wira Karya pada Wako Pariaman, Genius Umar pada peringatan puncak Hari Nusantara Tahun 2022 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Selasa. (humas)

WAKATOBI (13/12/2022) - Presiden RI, Joko Widodo anugerahi Wali Kota Pariaman, Genius Umar Satyalancana Wira Karya Bidang Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan Kelautan. Penghargaan serupa, juga diterima tiga kepala daerah lainnya di Indonesia.

Tanda penghargaan presiden ini disematkan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia pada peringatan puncak Hari Nusantara Tahun 2022 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Selasa.

Bahlil dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara maritim dan Hari Nusantara merupakan hari penting, dimana pada tanggal 13 Desember ini ditandatangani Deklarasi Djuanda.

"Deklarasi ini menjadikan laut Indonesia lebih luas dari 3 mil menjadi 12 mil laut sehingga potensi kelautan kita semakin luas," ujarnya.

Baca juga: Berasal dari Pokir Efrizal: 50 KK di Kecamatan Pariaman Utara Terima Bantuan Ayam dan Bahan Kandang

Peringatan yang mengangkat tema "Penguatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Infonesia Bangkit Lebih Kuat" ini, lebih jauh dijelaskan Bahlil bahwa ekonomi maritim merupakan ekonomi biru yang berkelanjutan bagi anak cucu kita.

"Oleh sebab itu, kita harus menyiapkan SDM generasi muda dan terus menjaga potensi maritim Indonesia," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar usai penyematan penghargaan mengatakan, Kota Pariaman melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) bidang kelautan dan perikanan serta berhasil mengoptimalkan kawasan pesisir perkotaan melalui program pengembangan kawasan ekowisata bahari berkelanjutan dan waterfront city.

Sehingga, meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesadaran masyarakat pada lingkungan, sesuai dengan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 123/TK/Tahun 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya ini.

Baca juga: Audy Joinaldy Puji Konsep Pariaman Waterfront City ala Genius Umar

"Kedua program unggulan ini, telah mengantarkan Kota Pariaman menerima penghargaan tersebut, tentunya itu berkat kerja keras dan kerjasama pemerintah dan masyarakat Kota Pariaman, Presiden RI melalui pemerintah pusat, telah mengakui Sagasaja dan Waterfront City, mampu menghasilkan SDM dibidang perikanan dan kelautan, pelestarian lingkungan serta meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman," sambungnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: