Gubsu Serahkan DIPA dan TKD 2023: Rakor Pemerintahan Daerah, Kabupaten Asahan jadi Terbaik II Penyaluran Dana Desa

Jumat, 02 Desember 2022, 21:27 WIB | Kabar Daerah | Nasional
Gubsu Serahkan DIPA dan TKD 2023: Rakor Pemerintahan Daerah, Kabupaten Asahan jadi...
Gubsu, Edy Rahmayadi menyerahkan DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2023, pada Bupati Asahan, H Surya pada Rakor Pemerintah Daerah di Kota Medan, Jumat. (humas)

ASAHAN (2/12/2022) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi mengatakan, penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2023, merupakan simbol dari dimulainya pelaksanaan APBN Tahun 2023.

"DIPA K/L dan Daftar Alokasi TKD, merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk jadi acuan bagi instansi vertikal, kementerian, lembaga dan kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Edy saat penyerahan DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2023, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Jumat.

Pada penyerahan ini, Edy Rahmayadi didampingi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumatera Utara, Heru Pudyo Nugroho. Kegiatan ini diikuti pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Utara. Salah satunya, Bupati Asahan, H Surya.

Dikesempatan itu, Edy juga sampaikan pesan Presiden RI, Joko Widodo bahwa belanja negara diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui belanja pendidikan dan kesehatan untuk membangun SDM unggul dan produktif, penyelesaian proyek-proyek strategis nasional, penguatan hilirisasi industri dan pengembangan ekonomi hijau untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Baca juga: DIPA dan TKD 2024 Diserahkan, Mahyeldi: Jadikan Instrumen untuk Lindungi Masyarakat

"Setiap pemerintah daerah yang berada di Provinsi Sumatera Utara untuk dapat menjaga dan memperkuat jaring pengaman sosial terutama bagi masyarakat miskin dan rentan, menurunkan kemiskinan ekstrem dan mengurangi kesenjangan, meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam perbaikan layanan kepada masyarakat," ungkapnya.

"Memajukan perekonomian di daerah dan mendukung reformasi birokrasi, penyederhanaan regulasi, dan mendukung persiapan Pemilu 2024 Dalam upaya optimalisasi pelaksanaan APBN 2023 dan mempercepat ketersampaian maanfaatnya pada masyarakat," tambah dia.

"Seluruh pemerintah daerah agar benar-benar menggunakan alokasi TKD tahun 2023 dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tukas Edy.

Sementara, itu, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumatera Utara, Heru Pudyo Nugroho menyebutkan, APBN tahun 2023 mengusung tema Optimis dan Tetap Waspada. APBN tahun 2023 dirancang untuk tetap menjaga optimisme pemulihan ekonomi, namun pada saat yang sama juga harus meningkatkan kewaspadaan dalam merespons gejolak global yang masih terus berlangsung.

Baca juga: Gubernur Sumbar Tuduh Wartawan Produksi Berita Hoaks, Ini 6 Pernyataan Sikap AJI Padang

Dia juga mengharapkan, DIPA Kementerian/Lembaga dan Daftar Alokasi TKD di tahun 2023 dapat ditindaklanjuti, sehingga APBN 2023 dapat dilakukan di awal tahun, dan masyarakat serta perekonomian dapat merasakan manfaat secara langsung dan maksimal, serta meminta beberapa hal yang jadi bottleneck dalam akselerasi belanja yang perlu menjadi perhatian dalam pelaksanaan anggaran 2023.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: