Hanya Dilakukan 21 Pemda di Indonesia: Mendagri Apresiasi Padang Panjang Telah Lakukan 6 Langkah Pengendalian Inflasi

Selasa, 22 November 2022, 08:49 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Hanya Dilakukan 21 Pemda di Indonesia: Mendagri Apresiasi Padang Panjang Telah Lakukan 6...
Kabag Perekonomian dan SDA Setdako, Putra Dewangga beserta jajaran, mendengarkan paparan Mendagri Tito Karnavian tentang pengendalian inflasi nasional yang diikuti secara virtual, Senin. (kominfo)

Sukses Kendalikan Inflasi

Di Kota Padang Panjang sendiri berbagai upaya telah dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya inflasi. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota selalu berkoordinasi.

Kabag Perekonomian dan SDA Setdako, Putra Dewangga menyebutkan, saat ini berbagai upaya telah dilakukan oleh TPID dalam menekan laju angka inflasi di Kota Padang Panjang.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

"Di antaranya melalui penyaluran BST, operasi pasar murah, pemantauan harga dan stok pangan, rapat teknis, pencanangan gerakan cepat panen, sidak ke pasar dan distributor, realisasi BTT, subsidi transportasi dari APBD dan membentuk satgas ketahanan pangan," terangnya.

Putra menjelaskan, untuk program BST yang dananya berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) sudah disalurkan tahap pertama kepada 2.797 KPM yang ada di kelurahan. Sedangkan tahap kedua akan disalurkan pada Desember mendatang.

TPID juga terus melakukan pemantauan harga dan stok pangan di pasaran. Dari hasil yang telah dilakukan sejauh ini barang penting dan bahan pokok berjalan lancar dan tersedia cukup di pasaran.

Selanjut Pemko, katanya lagi, juga telah menganggarkan subsidi transportasi dari APBD yang dianggarkan melalui dana refocusing yang saat ini sedang dalam proses pendampingan dengan JPN.

"Jadi Kota Padang Panjang saat ini sudah menjalankan perintah yang disampaikan Mendagri saat rakor pengendalian inflasi khususnya di Kota Padang Panjang. Maka dari itu inflasi di Padang Panjang alhamdulillah saat ini dapat terkendalikan," ucapnya.

Putra mengatakan, pihaknya bersama TPID akan terus bersama-sama menekan laju pertumbuhan inflasi di Kota Padang Panjang dengan berbagai program sehingga tetap terkendali.

"Ini semua dilakukan untuk mencegah terjadinya inflasi dan membantu masyarakat," tutupnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: