Kader PII Sumatera Barat Deklarasikan Diri jadi Duta Pemilu, Yanuk: Mari Kita Sukseskan Bersama

Kamis, 10 November 2022, 17:49 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kader PII Sumatera Barat Deklarasikan Diri jadi Duta Pemilu, Yanuk: Mari Kita Sukseskan...
Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani menyerahkan piagam penghargaan pada Ketua PW PII Sumbar, usai Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak 2024 di Padang, Kamis. (mangindo kayo)

Ia mengatakan, KPU Sumbar sangat terbuka dengan pihak luar untuk bekerjasama menyampaikan pesan-pesan Pemilu pada masyarakat luas. KPU Sumbar, terangnya, sebelumnya juga telah menggandeng Pemuda Muhammadiyah, sejumlah organisasi kepemudaan dan lainnya.

"Kita akan libatkan masyarakat agar meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu nanti. Ayo kita sukseskan bersama pesta demokrasi ini," kata dia

Sementara, Ketua PB PII, Rafani Tuahuns mengapresiasi KPU Sumbar yang melibatkan PII Sumbar dalam menyosialisasikan program kepemiluan dalam menyebarluaskan informasi tentang Pemilu.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: It Arman Caleg PPP Dituntut 2 Tahun Penjara

Menurut dia, tahapan Pemilu ini penting diketahui semua masyarakat, agar partisipasi publik meningkat dan Pemilu ini menghasilkan pemimpin amanah dan menyejahterakan rakyat Indonesia.

Selain itu, pemilu 2024 terasa lebih istimewa karena populasi generasi milenial dan generasi z hampir menyentuh angka 60 persen dan ini tentu sangat berperan dalam menentukan pemimpin di masa mendatang.

"Sejauh ini generasi muda seakan abai dan apatis terhadap pesta demokrasi ini dan salah satu tugas PII adalah menyebarkan informasi sebaik mungkin agar partisipasi pemilih ikut meningkat. Saya berharap kegiatan ini tidak terhenti sampai deklarasi saja, namun dilanjutkan dengan program bersama meningkatkan partisipasi pemilih pemula," kata dia.

Deklarasi Pemilu PII Sumbar

Keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024 merupakan agenda penting dalam proses pembangunan masa depan bangsa dan negara.

Oleh karena itu di tengah perjuangan untuk keluar dari krisis dan masa transisi yang berkepanjangan ini, Pemilu Capres dan Cawapres pada tahun 2024 diharapkan akan menjadi awal baru terciptanya pemilihan umum yang bersih untuk menyambut era kepemimpinan baru di Indonesia.

Berdasarkan pemahaman tersebut dan diiringi rasa tanggung jawab kepada bangsa dan negara maka perlu diyakini hal-hal sebagai berikut:

1. Bahwa sistem demokrasi merupakan pilihan terbaik di antara pilihan yang ada dalam mewujudkan sebuah pengelolaan pemerintahan (governance) yang akan membawa pada kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, bangsa Indonesia diimbau untuk tidak ragu terhadap sistem dan proses demokrasi yang tengah dijalankan dan jadikan Pemilu sebagai momentum perbaikan masa depan bangsa.

Halaman: