Tablig Akbar di Pasar Nagari: Ustad Abdul Somad Terkesima dengan Keindahan Puncak Lawang, Pedagang dapat Berkah dari Keramaian

Minggu, 06 November 2022, 21:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Tablig Akbar di Pasar Nagari: Ustad Abdul Somad Terkesima dengan Keindahan Puncak Lawang,...
Ustadz Abdul Somad (UAS) untuk mengisi pengajian pada Tabligh Akbar yang digelar di lapangan hijau pasar nagari itu, Ahad. (humas)

Menurutnya, Lawang merupakan contoh daerah yang komplit. Mulai dari pariwisata hingga kesenian daerahnya masih terjaga.

"Masya Allah, saat saya sampai di sini, saya disambut tari galombang yang dimainkan anak-anak. Ini membuktikan anak nagari lawang masih menjaga adat istiadat," katanya lagi.

UAS juga memakai pakaian batik khas lawang saat mengisi pengajian. Dirinya mengaku tambah gagah saat memakai pakaian tersebut.

"Baju yang saya kenakan ini adalah batik lawang, persisnya bercorak tabu lawang," katanya.

Ulang Kejayaan Lama

Sementara, Bupati Agam, Andri Warman mengatakan, pihaknya bertekad mengulangi masa kejayaan daerah itu yang terkenal banyak melahirkan ulama-ulama besar.

Menurutnya, Kabupaten Agam adalah daerah yang bertuah. Sejumlah nama besar yang berpengaruh di bidang agama lahir dari rahim luhak berlambang harimau itu.

"Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Syekh Ibrahim Musa, Syekh Sulaiman ar-Rasuli, Buya Hamka, Buya AR Sutan Mansur dan banyak tokoh lainnya berasal dari daerah ini," sebut Andri Warman usai pelaksanaan tabligh akbar Nagari Lawang.

Kendati begitu, dia mengaku, tidak mau terjebak dengan masa lalu. Pihaknya bertekad mengulangi masa emas itu dengan kembali mencetak ulama-ulama besar.

Oleh karena itu, salah satu program prioritasnya adalah mendorong tumbuh dan berkembangnya rumah tahfiz di Kabupaten Agam.

"Saat ini keinginan tersebut sudah menampakkan hasil yang menggembirakan, buktinya ratusan rumah tahfidz sudah aktif di Kabupaten Agam," ucapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: