Dua Jorong di Sumatera Barat Dinobatkan sebagai Kampung Proklim 2022

Minggu, 30 Oktober 2022, 09:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Dua Jorong di Sumatera Barat Dinobatkan sebagai Kampung Proklim 2022
Kepala DLH Sumatera Barat, Siti Aisyah bersama penerima penghargaan Proklim 2022 di Ruang Rimbawan I Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta, Jumat. (humas)

Di samping itu, penerapan pertanian organik juga dilakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan sehingga lahan pekarangan tidak dibiarkan kosong.

"Beberapa masyarakat Jorong Rejosari juga telah melakukan pengolahan sampah organik melalui maggot," tambah Siti Aisyah

Selain penghargaan Proklim Utama, Provinsi Sumatera Barat juga meraih sejumlah penghargaan lainnya, yakni kategori Pembina Proklim Tingkat Provinsi, Pembinaan Proklim tingkat kabupaten kota juga diraih oleh Kota Padang Panjang,

Baca juga: Pilkada se-Sumbar 2024, Semua Tahapan Pendaftaran Calon melalui Silon, Ini Tahapannya

Kabupaten Dharmasraya dan Padang Pariaman

Kategori Pembinaan Proklim ini diberikan kepada pemerintah daerah (Provinsi dan Kab/Kota) yang telah melakukan upaya pengembangan di daerah antara lain telah menerbitkan kebijakan/aturan/MoU pengembangan proklim paling sedikit 2 (dua) tahun.

Selain itu, melakukan pembinaan yang ditunjukkan dan keberhasilannya dapat dilihat dari diperolehnya penghargaan kampung/jorong menjadi kampung iklim.

"Termasuk juga membuat perencanaan dan penganggaran yang berkelanjutan, membangun kolaborasi berbagai pihak antara lain OPD terkait, dunia usaha dan dunia pendidikan," sambung Aisyah.

Tidak itu saja, penghargaan lain juga diterima oleh 10 Lokasi Proklim di Sumbar berupa sertifikat, serta lima proklim mendapat penghargaan sebagai Proklim Madya.

Kelima Proklim Madya tersebut adalah Jorong Aia Abu Nagari Limo Koto Kecamatan Bonjol, Pasaman, RW VII Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Padang, RW 19 Kelurahan Pangambiran Ampalu Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung, Padang.

Kemudian, Jorong Kampung Tarandam Nagari Siguntur Tua Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dan Kampung Pasar Lama Nagari Pasar Lama Muara Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pessel.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: