Kenali 8 Cara Mengukur Naiknya Suhu Tubuh Tanpa Alat dan Faktor Pemicu

Kamis, 29 September 2022, 21:35 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Kenali 8 Cara Mengukur Naiknya Suhu Tubuh Tanpa Alat dan Faktor Pemicu
Ilustasi.

Namun perlu diingat bahwa metode mengecek suhu badan tanpa termometer ini mungkin tidak efektif dilakukan oleh orang yang bersangkutan. Ketika menyentuh dahi, mereka tidak akan merasa ada perubahan berarti. Jadi, lebih baik orang lain yang melakukannya.

2. Menekan tangan

Salah satu indikasi seseorang mengalami dehidrasi adalah demam. Untuk mengecek, bisa dilakukan dengan menekan perlahan kulit punggung tangan, lepaskan, lalu lihat perubahan warnanya.

Apabila orang itu tercukupi kebutuhan cairannya, kulit akan kembali ke tempat semula dengan cepat. Namun jika kulit perlu waktu lebih lama untuk kembali setelah ditekan, mungkin saja sedang dehidrasi.

Namun, perlu diingat bahwa metode ini bisa jadi tidak akurat karena dehidrasi tidak selalu menjadi indikasi demam.

3. Kondisi pipi

Lihat pula bagaimana warna pipi seseorang. Apakah pipi tampak kemerahan? Jika iya, mungkin merupakan penanda sedang demam. Warnanya tampak kemerahan atau keunguan ketimbang biasanya.

Selain itu, hal yang bisa terdeteksi saat berkaca adalah keringat. Orang yang demam bisa saja berkeringat luar biasa meski AC ruangan sedang sangat dingin.

4. Warna urine

Mengingat demam membuat tubuh dehidrasi, maka produksi urine mungkin tidak sebanyak biasanya saat sedang sehat. Dari sini, bisa dilihat bagaimana perubahan warna urine. Ketika warnanya cenderung pekat dan lebih terkonsentrasi, bisa jadi tanda sedang demam. Biasanya, juga disertai dengan bau menyengat.

5. Bandingkan dengan orang sekitar

Apabila sedang bersama orang lain, coba tanyakan apakah ada di antara mereka yang merasa kegerahan atau kedinginan. Sebab, kedua kondisi ini rentan dialami oleh orang yang sedang demam. Perubahan terus-menerus pada temperatur tubuh akan menyebabkan seseorang merasa menggigil.

Jika orang lain tidak ada yang merasa aneh dengan temperatur ruangan, bisa jadi indikasi sedang demam. Perhatikan pula gejala seperti munculnya keringat berlebih, selain menggigil.

6. Kenali nyeri pada tubuh

Cara memeriksa suhu tubuh demam atau tidak salah satunya bisa dengan merasakan badan. Rasa sakit baik di kepala maupun tubuh secara keseluruhan juga merupakan tanda potensial terjadinya demam. Jadi, ketika muncul rasa sakit meski tidak baru mengalami cedera apapun, mungkin saja demam tengah terjadi.

Selain tubuh terasa sakit, bisa juga dengan sakit kepala yang disertai dengan keringat berlebih. Tubuh pun akan terasa lemas luar biasa.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: