Tingkatkan Budaya Membaca, Asyirwan: Fasilitas Pustaka harus Lengkap

Rabu, 21 Oktober 2015, 14:13 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Tingkatkan Budaya Membaca, Asyirwan: Fasilitas Pustaka harus Lengkap
Wabup Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus memasangkan tanda peserta pada bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan tingkat SD di Shago Bungsu, Rabu (21/10/2015). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Membaca merupakan suatu kebutuhan. Membaca dapat meningkatkan kecerdasan serta memperdalam pengetahuan seseorang. Tidak ada kata tua untuk membaca dan menambah ilmu. Karenanya, peningkatan budaya membaca terhadap semua kalangan, terutama generasi muda, perlu terus dilakukan guna memperdalam ilmu pengetahuan mereka.

"Khusus bagi siswa sekolah, mustahil bisa berhasil dalam bangku sekolahnya bila tidak banyak membaca," ungkap Wakil Bupati Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus saat membuka bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan tingkat SD di Shago Bungsu, Rabu (21/10/2015).

Predikat kutu buku ini, lanjut Asyirwan, harus diterapkan di daerah ini terutama di sekolah-sekolah. Untuk itu, semua sekolah harus memiliki pustaka yang layak dan memiliki fasilitas yang memadai. Begitu pula dengan kalangan guru atau PNS, harus jadi kutu buku untuk terus menambah ilmu dan wawasannya. Di luar negeri seperti Singapura, orang sudah terbiasa membaca dan tidak peduli dimanapun berada.

"Warga Singapura, membaca sudah membudaya. Semua kalangan senantiasa terlihat membaca, diberbagai tempat seperti di stasiun, di dalam kereta, di bandara dan lainnya," ujar Asyirwan sembari menyebut tidak ingin pustaka yang ada di sekolah-sekolah hanya sebatas formalitas saja, asal-asalan dan hanya seukuran kamar mandi.

Baca juga: ADA LAGI FIRAL di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pessel

Menurutnya, pustaka sekolah itu harus berukuran lebih besar dan memiliki banyak buku serta fasilitas lengkap seperti wifi untuk mengakses internet. Dengan berbagai sarana dan prasarana tersebut, lanjutnya, siswa diharapkan jadi lebih gemar membaca guna mengasah otak mereka agar lebih cerdas. Terkait dengan itu, Dinas Pendidikan kedepan diharapkan mengalokasikan anggaran yang cukup buat pustaka.

Selain itu Asyirwan juga menginginkan setiap pustaka di daerah ini memiliki film-film dokumenter dan peralatan infocus buat memutar film tersebut. Tayangan film bersejarah itu diharapkan dapat membangkitkan jiwa patriotis di kalangan pelajar. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: