Mahasiswa Mesti Miliki Kecerdasan Finansial, Ini 13 Tips Hemat dalam Belanjakan Uang Saku

Sabtu, 23 Juli 2022, 21:00 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Mahasiswa Mesti Miliki Kecerdasan Finansial, Ini 13 Tips Hemat dalam Belanjakan Uang Saku
Ilustrasi.

Banyak pilihan investasi yang cocok buat kamu para mahasiswa. Salah satunya reksadana yang bisa kamu mulai dengan uang Rp100 ribu saja.

9. Belajar buat cari penghasilan sampingan

Kalau yang ini bukan cara hidup hemat, tapi cara dapat duit pas jadi mahasiswa. Kalau kamu emang punya waktu luang, kenapa gak manfaatkan buat cari penghasilan sampingan aja? Lumayan, kan, buat nambah uang saku dari orangtua.

Zaman makin canggih, kamu bisa manfaatkan teknologi buat dapat uang. Misalnya, kamu bisa coba jadi penulis online, buka online shop, jadi dropshipper atau ikut bergabung di bisnis berjaringan.

Jika ingin bisnis networking syariah, bisa cermati tautan ini https://hni/id/ 00749106.

Meski dapat uang tambahan dari kerja, kamu harus tetap ingat ya buat hemat. Sebanyak apapun uang yang kamu dapatkan tapi kalau kamu boros, tetap aja di akhir bulan harus luntang-lantung.

Ingat prinsip ini: bukan seberapa banyak uang saku yang kamu dapatkan, tetapi bagaimana kamu bisa mengelolanya dengan baik.

10. Hemat pemakaian pulsa

Sebagai pengguna smartphone, tentu kamu butuh internet. Untuk menghemat, belilah kuota terbesar yang disediakan oleh provider pilihanmu. Selain lebih hemat, pemakaiannya pun dapat lebih lama.

Namun, harus diingat, jatah internet yang kamu pakai saat ini adalah jatah untuk sebulan ke depan. Karena itu, jangan terlalu sering dipakai untuk mengunduh atau menonton sesuatu yang tidak penting.

Ini juga berlaku untuk pemakaian pulsa biasa. Untuk menelepon, kamu bisa memanfaatkan layanan Whatsapp atau aplikasi sama yang lainnya. Tapi kalau butuh menelepon memakai pulsa, sebaiknya jangan terlalu sering ya!

11. Hanya sediakan uang pas di dompet

Cara hemat uang lainnya yang bisa dilakukan adalah hanya menyediakan uang pas di dompet. Dengan membawa uang seperlunya, secara otomatis kamu pun hanya akan membeli hal yang diperlukan.

12 Cara Hidup Hemat Ini Bikin Anak Kos Sejahtera Terus

Cara ini bisa membantumu batasi pengeluaran secara efektif.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: