Mahasiswa Mesti Miliki Kecerdasan Finansial, Ini 13 Tips Hemat dalam Belanjakan Uang Saku

Sabtu, 23 Juli 2022, 21:00 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Mahasiswa Mesti Miliki Kecerdasan Finansial, Ini 13 Tips Hemat dalam Belanjakan Uang Saku
Ilustrasi.

Ini akan membantu kamu untuk lebih mudah dalam mengelola pengeluaran.

Sebab kamu tidak akan berulang kali pergi ke supermarket dan berulang kali pula tergoda untuk belanja barang-barang lainnya yang mungkin sebenarnya tidak kamu butuhkan, istilahnya adalah lapar mata.

Jangan lupa membuat catatan belanja terlebih dahulu sebelum ke supermarket. Sehingga kamu bisa lebih mudah dan cepat dalam berbelanja.

Hal ini juga bisa membantu kamu berhemat, sebab hanya barang-barang yang ada di daftar saja yang wajib dan akan dibeli nantinya.

Untuk menghindari pembengkakan uang belanja, wajib bagi kamu agar hanya membawa sejumlah uang belanja yang cukup atau pas dengan harga barang-barang yang akan kamu beli.

Atau setidaknya lebih sedikit saja dari perhitungan pencatatan kamu untuk berjaga-jaga apabila harga-harga tersebut jauh berbeda dari perkiraan.

Tidak perlu terburu-buru belanja barang yang tidak terlalu mendesak atau kebutuhan primer. Untuk membantu kamu berhemat, pilihlah harga terbaik untuk memenuhi kebutuhan kamu, seperti mencari diskon, penawaran khusus, dan lainnya.

Belanja online bisa kamu pertimbangkan untuk mewujudkannya. Pasalnya, saat ini ada banyak situs belanja online yang menawarkan berbagai barang dengan harga yang bersaing (kompetitif), bahkan lebih murah dari seharusnya. Sehingga, kamu bisa memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan harga terbaik di pasaran.

Kecerdasan finansial bukanlah sebuah bakat. Kecerdasan finansial bisa dipelajari, bisa diasah, disempurnakan, dipertajam terus-menerus.

Artinya, siapapun selama dia berkehendak, mempunyai kesempatan dan kemampuan untuk meningkatkan kecerdasan finansialnya. (kyo)

Halaman:
1 2 3 4 5 6

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: