Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Butuhkan Keterlibatan Stakeholder

Kamis, 14 Juli 2022, 18:36 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Butuhkan Keterlibatan Stakeholder
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Novrial foto bersama dengan peserta stakeholder meeting provinsi di Padang, Kamis. Kegiatan ini digelar Perpustakaan Nasional di Padang pada 11 hingga 14 Juli 2022. (mangindo kayo)

PADANG (14/7/2022) - Small Business Manager PT BRI Wilayah Sumatera Barat, Arsul merasakan, pustaka bukan hanya sekadar tentang membaca buku. Banyak hal yang bisa dilakukan di perpustakaan selain membaca buku.

Salah satunya, seperti yang dilakukan sejumlah lembaga dan tokoh masyarakat di perpustakaan. Di antaranya, BI Corner, Irwan Prayitno Corner dan lainnya.

"Saya akan mengusulkan BRI corner dalam rangka inklusi sosial di perpustakaan. BRI punya Lembaga Pendidikan yaitu BRI Corporate University yang juga punya program inklusi sosial, tapi lebih ke literasi keuangan," ungkap Arsul saat stakeholder meeting provinsi di Padang, Kamis.

Hal itu dikatakan Asrul saat diskusi pada kegiatan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022 dalam acara bertajuk stakeholder meeting provinsi di Sumatera Barat.

Baca juga: DPRD Sumbar Jalin Kerjasama Literasi dengan Perpusnas, Kesepakatan akan Ditandatangani 1 Oktober

Acara yang diinisiasi Perpustakaan Nasional itu, berlangsung selama 4 hari, 11-14 Juli 2022. Pesertanya, berbagai pustakawan dari berbagai lembaga dan institusi.

Menurut Arsul, BRI Corporate University salah satu tujuannya adalah, agar BRI bisa bersinergi dengan program perpustakaan.

"Keuntungan perpustakaan berkerjasama dengan BRI karena memiliki visi agent of development yang mana bukan hanya soal angka, tapi juga sumber daya manusia," ungkap Arsul.

Hal senada dikatakan utusan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Barat, Arina. Menurutnya, Bank Indonesia pada tahun ini punya perpustakaan baru, yang akan mendapatkan akreditasi nasional.

Baca juga: BI Corner Diresmikan di Kampus UPI, Ini Harapan Endy Dwi Tjahjono

"Kita bisa melakukan kerjasama MoU seperti bedah buku dan lainnya. Kita bisa saling memberikan masukan dan saling berkunjung untuk sharing, terlebih perpustakaan BI masih dalam proses mendapatkan akreditasi," ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: