BI Corner Diresmikan di Kampus UPI, Ini Harapan Endy Dwi Tjahjono

Rabu, 31 Oktober 2018, 21:10 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
BI Corner Diresmikan di Kampus UPI, Ini Harapan Endy Dwi Tjahjono
Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endy Dwi Tjahjono menggunting pita bersama Wakil Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK) Padang, Siti Rizki Mulyani didampingi Prof Sarjon Defit (Rektor UPI), tanda diresmikannya BI Corner di kampus yang berada di kawas
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bank Indonesia menargetkan akan membangun sekitar 250 unit BI Corner dengan total anggaran Rp18,75 miliar. Khusus untuk Sumatera Barat, akan didirikan empat unit BI Corner di beberapa perpustakaan daerah di Sumatera Barat.

"Perpustakaan Universitas Putra Indonesia (UPI) dipilih melalui serangkaian asesmen dan pemenuhan kriteria yang telah ditetapkan," ungkap Kepala Perwakilan BI Sumbar Endy Dwi Tjahjono, saat peresmian BI Corner di Kampus UPI, Selasa (31/10/2018).

Kriteria itu di antaranya, antara lain perpustakaan ini dikelola dengan baik, memiliki luas ruangan minimal 12 meter per segi, mempunyai sarana fasilitas yang memadai termasuk wifi dan pendingin ruangan, bersedia merawat segala fasilitas yang diberikan BI dan yang terpenting adalah banyaknya pengunjung aktif perpustakaan yang mengindikasikan bahwa perpustakaan tersebut memang dibutuhkan.

"Melalui desain dan fasilitas ruangan BI Corner yang nyaman seperti fasilitas komputer, TV dan sofa serta kelengkapan buku-buku ekonomi yang ditawarkan mulai dari berbentuk hardcopy sampai dengan buku digital, diharapkan dapat semakin menarik awareness masyarakat untuk berkunjung ke BI Corner, terutama di Perpustakaan Universitas Putra Indonesia," harap Endy.

Baca juga: Sering Dapat Scam? Kamu Wajib Coba 4 Aplikasi Penghasil Uang Ini, 100 Persen Membayar

Pada kesempatan itu, Endy memberikan 1.245 eksemplar buku yang akan ditempatkan di BI Corner UPI dengan rincian 214 buku maupun publikasi Bank Indonesia dalam bentuk hardcopy dan 1.031 dalam bentuk buku, publikasi, maupun jurnal ekonomi digital.

Hingga 2018 ini, BI Padang telah membangun tujuh unit BI Corner di Sumatera Barat. Yakni, BI Corner di Perpustakaan Universitas Andalas (2015), BI Corner di Perpustakaan IAIN Batusangkar, Perpustakaan Universitas Negeri Padang dan Perpustakaan Universitas Dharmas Indonesia (2016) serta BI Corner di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Barat, Perpustakaan IAIN Bukittinggi dan Perpustakaan Andalusia Universitas Putra Indonesia (2018).

"Kami menyadari, upaya untuk mencapai visi kami, yakni menjadi bank sentral yang berkontribusi secara nyata terhadap perekonomian Indonesia dan terbaik diantara negara emerging markets, bukanlah sesuatu yang mudah. Kebijakan-kebijakan bank sentral yang menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi seringkali belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat luas," terangnya.

"Tidak hanya kebijakan, hal yang mendasar seperti tugas pokok, fungsi dan kedudukan bank sentralpun masih banyak masyarakat yang belum memahami secara utuh, padahal bank sentral dijelaskan secara spesifik dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada pasal 23," tambah Endy seputar maksud dibangunnya BI Corner ini.

Baca juga: Tinggal Pedesaan Wajib Coba 4 Ide Bisnis Online Ini, Cuan Jutaan Rupiah Menanti!

Dikatakan Endy, tidak hanya menjaga stabilitas perekonomian melalui kebijakan-kebijakan yang ditempuh dalam skala nasional, Bank Indonesia memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan dan memberdayakan perekonomian lokal, salah satunya melalui penyaluran Program Sosial Bank Indonesia atau PSBI yang jika diibaratkan dengan korporasi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: