JMSI Dukung Kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri: Profesionalisme Hindari Media Massa dan Wartawan jadi Mesin Perusak di Arena Pemilu

Rabu, 22 Juni 2022, 09:52 WIB | News | Nasional
JMSI Dukung Kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri: Profesionalisme Hindari Media Massa...
Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa.

"Negara demokratis yang genuine ditopang oleh kompetisi politik yang beradab yang mengedepankan agenda-agenda kemajuan bersama," sambung Teguh Santosa yang juga dosen Hubungan Internasional Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Mantan Wakil Presiden Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) ini menambahkan, bagi media massa, khususnya yang menggunakan platform digital, kata kunci agar tidak terjebak menjadi "mesin perusak" di arena pemilu adalah profesionalisme.

Karena itu, dia meminta media massa yang menjadi anggota JMSI untuk terus dan harus selalu memperhatikan Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Media Siber, juga Pedoman Pemberitaan Isu Keberagaman yang telah disusun oleh masyarakat pers nasional.

Baca juga: Besok, 17 Kabupaten Kota di Sumbar Harus Tetapkan Hasil Pemilu 2024

"Adapun MoU antara Polri dan Dewan Pers yang tengah disusun menyusul pertemuan kemarin, saya yakin isinya adalah untuk memperkuat kerja jurnalistik kita, agar media massa dapat benar-benar menjalankan fungsinya sebagai aktor perekat kohesifitas di tengah masyarakat," demikian Teguh Santosa. (rls/kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: