Tim Pora Pasbar Temukan 24 TKA di Tambang Biji Besi di Poros Air Bangis

Kamis, 16 Juni 2022, 19:44 WIB | Bisnis | Kab. Pasaman Barat
Tim Pora Pasbar Temukan 24 TKA di Tambang Biji Besi di Poros Air Bangis
Tim gabungan Pengawasan Orang Asing (PORA) Kabupaten Pasaman Barat, foto bersama usai memeriksa tenaga kerja asing (TKA) pada tambang bijih besi PT Gamindra Mitra Kesuma Poros Air Bangis, Kamis. (robi irwan)

"Kita ingin tenaga kerja asing yang bekerja benar-benar memiliki dokumen yang sah sehingga tidak menjadi masalah dikemudian hari," katanya.

Sementara itu, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Gamindra Mitra Kesuma, Alamsyah didampingi Wakil Ketua, Zul Fikri mengatakan, pihaknya mempekerjakan tenaga asing dengan melengkapi dokumen sebagai syarat untuk bekerja di Indonesia.

Selain itu, katanya, juga memberdayakan pekerja lokal yang ada di sekitar itu dalam rangka membuka lapangan pekerjaan baru.

Baca juga: Olahraga Dibayar Rp40 Ribu! Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis yang Wajib Dicoba

"Memberdayakan pekerja lokal sesuai kemampuannya merupakan salah satu komitmen kami untuk membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitarnya," katanya.

Ia mengatakan, kedepannya jumlah pekerja lokal akan ditambah kalau sudah masuk tahap produksi karena saat ini masih tahap penyiapan konstruksi

Dari 55 pekerja lokal itu ditempatkan sesuai kemampuan dan keahlian mereka. Ada yang jadi supir truk, operator alat berat, administrasi, logistik, tukang penyiapan pembangunan kantor dan lainnya.

"Kami juga terus melatih mereka, jika mampu maka akan dipekerjakan ke posisi yang lebih tinggi," katanya.

Pihaknya membuka seluas-luasnya peluang bagi pekerja lokal yang ada. Terpenting sekali, katanya, memilikiattitudeatau sikap kepribadian baik, skill dan kemauan bekerja dan ingin maju.

"Jika ketiga itu ada maka akan kami terima dan akan kami latih, sehingga mereka memiliki integritas dan skil dalam bekerja," katanya.

Pihaknya saat ini sedang tahap penyiapan konstruksi mulai jalan sekeliling lokasi yang akan ditambang, areal perkantoran, pemasangan mesin produksi dan konstruksi bangunan lainnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: