Tim Pora Pasbar Temukan 24 TKA di Tambang Biji Besi di Poros Air Bangis

Kamis, 16 Juni 2022, 19:44 WIB | Bisnis | Kab. Pasaman Barat
Tim Pora Pasbar Temukan 24 TKA di Tambang Biji Besi di Poros Air Bangis
Tim gabungan Pengawasan Orang Asing (PORA) Kabupaten Pasaman Barat, foto bersama usai memeriksa tenaga kerja asing (TKA) pada tambang bijih besi PT Gamindra Mitra Kesuma Poros Air Bangis, Kamis. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (16/6/2022) - Tim gabungan Pengawasan Orang Asing (PORA) Kabupaten Pasaman Barat, menemukan 24 orang tenaga kerja asing (TKA) bekerja pada tambang bijih besi PT Gamindra Mitra Kesuma Poros Air Bangis.

"Kita langsung turun ke lokasi tambang dan memeriksa berkas dokumen tenaga kerja asing sebanyak 24 orang. Hasilnya semua dokumennya lengkap," kata Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumbar, R Hartono usai meninjau lokasi tambang, Kamis.

Dia mengatakan, operasi gabungan tim PORA ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari unsur Imigrasi, TNI-Polri, unsur pengawas tenaga kerja Sumbar, unsur Pemkab dari Dinas Tenaga Kerja, Kesbangpol dan Kecamatan serta dari unsur Kejaksaan Negeri Pasaman Barat dan unsur Badan Intelijen Negara Korda Pasaman Barat.

Menurutnya, operasi gabungan ini merupakan kegiatan agenda rutin dalam rangka pengawasan aktifitas tenaga kerja asing yang ada di Pasaman Barat.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Alokasikan Anggaran Jalan Bayang - IV Jurai Rp 8 Miliar

Dia menyebutkan kegiatan ini dimulai dari titik kumpul Kantor Kesatuan Bangsa Politik Pasaman Barat di Simpang Empat dilanjutkan dengan jalur darat ke pelabuhan Air Bangis.

Selanjutnya dengan menggunakan dua unit kapal laut menuju Pelabuhan Teluk Tapang dan dilanjutkan dengan kendaraan yang telah disiapkan menuju lokasi tambang bijih besi PT Gamindra Mitra Kesuma.

"Setelah diperiksa berkas dokumen masing-masing tenaga kerja itu, semuanya lengkap," katanya.

Pelaksana harian Kepala Kesbangpol Pasaman Barat, Yosmar Difia menambahkan, kegiatan operasi gabungan berjalan dengan aman dan lancar.

Baca juga: Main Aplikasi Ojol The Game Dapat Saldo DANA Gratis, Emang Bisa? Begini Caranya

Selain memeriksa dokumen tenaga kerja asing juga diperoleh jumlah tenaga kerja yang bekerja saat ini pada PT Gamindra Mitra Kesuma berjumlah 79 orang dengan komposisi 24 orang tenaga kerja asing, 55 orang tenaga kerja lokal yang 25 orang di antaranya berasal dari Air Bangis dan daerah sekitarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: