STB Matrix Dilengkapi Fitur Peringatan Dini Kebencanaan

Kamis, 16 Juni 2022, 18:46 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
STB Matrix Dilengkapi Fitur Peringatan Dini Kebencanaan
Ilustrasi.

STB Matrix Apple yang beredar di pasaran saat ini ada 3 macam yaitu Matrix Apple Merah, Silver dan Kuning. Apa yang membedakan ketiganya? Dari segi prosesor, Matrix Apple Merah dan Silver sama-sama menggunakan GX6701. Sedangkan Matrix Apple Kuning menggunakan chipset SUNPLUS 1509C.

Ketiganya memiliki memori yang sama yaitu 512 Mb. Tetapi flash memory Matrix Apple Merah paling unggul dengan 8Mb, sedangkan Matrix Apple Silver dan Kuning di angka 4 Mb saja. Ketiganya sudah mampu menghasilkan resolusi video Full HD 1080p. Support video ketiganya juga sama yaitu MPEG-2/MPEG-4/H.264. Support audio pun sama yaitu MPEG1 dan MPEG 2.

Untuk port USB, Matrix Apple Silver dan Kuning hanya ada satu, sedangkan varian Merah ada dua yang letaknya di depan dan belakang. Untuk tema tampilan, varian Silver dan Kuning hanya punya satu, sedangkan carian Merah punya lima. Matrix Apple Merah bisa mirroring dengan bantuan aplikasi MeeCast, varian Silver menggunakan aplikasi Apple Cast, sedangkan Kuning belum bisa.

Aplikasi online yang sudah pasti ada di ketiga variannya adalah YouTube dan YouTube Kids. Varian Silver hanya punya dua itu saja. Varian Merah ditambah dengan MiTube, Vidio dan TikTok. Sedangkan varian Kuning ditambah dengan Vidio, WeTv dan TikTok. Untuk dongle Wi-Fi, ketiganya kompatibel dengan jenis 7601dan 5370.

Simulcast

Sementara, bagi masyarakat yang sudah mempunyai TV digital, maka tinggal mengecek apakah di wilayahnya sudah terdapat siaran TV digital, salah satunya dengan aplikasi Sinyal TV Digital.

Saat ini, penyelenggara multipleksing (mux) telah menggelar siaran simulcast, yaitu siaran TV digital dilakukan bersamaan dengan siaran analog. Namun, bila seluruh wilayah telah dilakukan migrasi TV analog ke digital, maka siaran TV analog tinggal kenangan saja.

Kominfo akan mematikan siaran TV analog yang sudah mengudara hampir 60 tahun dengan sistem penyiaran yang lebih canggih, yakni siaran TV digital.

Proses migrasi TV analog ke digital tersebut akan terbagi ke dalam tiga tahap. ASO Tahap 1 pada 30 April, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus dan ASO Tahap 3 pada 2 November 2022. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: