Cek Siaran Televisi Digital, Unduh Aplikasi 'Sinyal TV Digital' di iOS dan Android

Jumat, 03 Juni 2022, 22:37 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Cek Siaran Televisi Digital, Unduh Aplikasi 'Sinyal TV Digital' di iOS dan Android
Tangkapan layar hasil pencarian sinyal digital melalui aplikasi Sinyal TV Digital yang diunduh melalui perangkat gawai berbasis android.

Kominfo pun telah merilis daftar perangkat STB terbaru yang sudah tersertifikasi kominfo dan mendukung siaran TV digital di Indonesia.

Bagi yang kurang mampu, penyelenggara multipleksing (mux) yang dibantu Kominfo akan memberikan bantuan Set Top Box gratis bagi masyarakat miskin yang terpilih.

Syarat untuk mendapatkannya adalah tercantum dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial (DTKS). Pihak Kominfo meminta masyarakat proaktif mengecek data DTKS dari kemensos tersebut.

Diketahui, penghentian siaran TV analog yang dialihkan ke TV digital dilakukan dalam tiga tahap.

ASO Tahap 1 diterapkan di 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota pada 30 April.

Kemudian berlanjut ASO Tahap 2 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota.

Terakhir, ASO Tahap 3 diimplementasikan di 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

Selain itu, seiring proses penghentian siaran TV analog yang dialihkan ke siaran TV Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperbarui jumlah perangkat televisi yang mendukung siaran TV digital.

Berdasarkan data per 19 Mei 2022, jumlah set top box yang tersertifikasi Kominfo masih sama jumlahnya di angka 57 juta unit dari berbagai merk.

Sedangkan, jumlah televisi ada penambahan yang mencapai 853 unit perangkat, seperti merek Samsung, LG, Sharp, Coocaa, Panasonic, Polytron, Realme, Sanken, Akari dan lainnya dengan bermacam tipe dan modelnya. (kyo)

Halaman:
1 2 3

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: