75 Unit STB Gratis Dibagikan, Asisten I; Masih Ada 300 KK Warga Sawahlunto yang Layak Menerima

Senin, 30 Mei 2022, 22:01 WIB | Kabar Daerah | Kota Sawahlunto
75 Unit STB Gratis Dibagikan, Asisten I; Masih Ada 300 KK Warga Sawahlunto yang Layak...
Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementrian Kominfo, Geryantika Kurnia hadir secara daring pada Rakor Stake Holder Penyiaran yang digelar KPID Sumbar, Senin. Juga dihadirkan secara luring, Yuliandre D

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akan lakukan pendistribusian STB untuk kelancaran program pengalihan siaran TV analog ke digital atau analog switch off (ASO) sebanyak 3.203.854 unit STB gratis, jelang ASO Tahap I.

Adapun ASO tahap I ini dimulai 30 April 2022 lalu. Sedangkan untuk tahap II dan III, Menkominfo mernargetkan akan rampung paling lambat dua bulan sebelum program dilaksanakan.

Adapun ASO tahap II akan dilaksanakan pada 25 Agustus dan tahap III akan dilakukan pada 2 November 2022. Pada ASO tahap II nanti, akan ada 2.165.890 unit STB gratis yang siap dibagikan. Kemudian di ASO tahap III, ada 1.368.227 STB gratis yang akan dibagikan.

Baca juga: 18 Peserta Ikuti Operasi Celah Bibir yang Digelar IASMA 1 Landbouw Bukittinggi, Ini Kata Gubernur

STB ini merupakan salah satu infrastruktur ASO. Alat tersebut akan mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilajn di TV Analog biasa.

Tidak semua masyarakat akan mendapatkan STB gratis. Penerima STB gratis adalah warga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Dari data tersebut, tercatat 7,9 juta rumah tangga miskin, di mana 6,7 juta di antaranya berada di wilayah yang akan terdampak ASO. Sehingga, diasumsikan 6,7 juta rumah tangga tersebut memiliki TV analog.

Dengan jumlah tersebut, ketersediaan STB gratis sejatinya masih belum terpenuhi. Sebab, hingga saat ini, total STB gratis yang tersedia baru berjumlah 5.177.760 unit. STB gratis itu berasal dari komitmen Penyelenggara Multiplexing dan Kemenkominfo.

Penyediaan dan pendistribusian STB gratis dilakukan Penyelenggara multiplexing dengan total komitmen saat ini 4,1 juta STB dan pemerintah menyiapkan 1 juta STB sesuai dengan keputusan yang ada di dalam APBN tahun 2022.

Pemerintah masih mencari cara untuk memenuhi kekurangan STB gratis yang dibutuhkan. Dengan ketersediaan STB saat ini, Geryantika Mustika menilai, baru akan cukup memenuhi kebutuhan STB untuk ASO tahap I saja. Sedangkan kebutuhan STB untuk tahap II dan III, belum terpenuhi.

Dari 112 layanan siaran yang jadi target ASO di seluruh Indonesia, 90 wilayah atau 80,63 persen telah memiliki infrastruktur multiplexing dalam jumlah yang memadai untuk melaksankan ASO.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: