Gadih Minang Marandang di Pelataran Jam Gadang

Minggu, 22 Mei 2022, 18:28 WIB | Kuliner | Kota Bukittinggi
Gadih Minang Marandang di Pelataran Jam Gadang
TP PKK Bukittinggi, Viona Erman Safar bersama Ketua GOW Bukittinggi, Nurna Eva Karmila mencicipi rendang hasil olahan pelajar Bukittinggi yang mengikuti kegiatan festival "Gadih Minang Marandang" di pelataran Taman Jam Gadang, Sabtu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (21/5/2022) - Puluhan pelajar Bukittinggi mengikuti acara festival "Gadih Minang Marandang" di pelataran Taman Jam Gadang, Sabtu.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar di acara itu mengatakan, festival "Gadih Minang Marandang" tingkat SMP dan SMA agar ditindaklanjuti SKPD terkait dalam bentuk dan nuansa yang lebih berbeda.

Hal itu, kata Erman, agar ke depanya gadis-gadis Minang bisa membuka usaha sendiri, minimal untuk dirinya sendiri.

"Festival ini diikuti muda mudi usia sekolah. Ini sangat bagus," katanya.

Baca juga: Bukittinggi Siapkan Rp16 Miliar Dana Segar untuk UMKM melalui Program Tabungan Utsman 2024

Merendang memiliki teknik khusus dalam mengolah dan mengaduk masakan dalam waktu cukup lama, sehingga menjadi kering, dengan dimasak menggunakan tungku.

Rendang bagi orang Minang tidak hanya sebagai suatu masakan aja, tetapi berkaitan erat juga dengan kebudayaan Minang yang sudah mendunia.

Masakan randang telah menyebar ke mana-mana. Dapat diistilahkan Marandang itu merupakan budaya pandai besi kuliner khas Minang.

"Selain masakanya, Minangkabau juga terdapat banyak kebudayaan yang bisa dijual sebagai daya tarik bagi pengunjung untuk berwisata, dan menikmati alam Minangkabau ini," paparnya.

Baca juga: Tabungan Utsman 2024 Diluncurkan, Target 2200 Nasabah Tapi Ada Margin Ringannya

Masakan tradisional Minangkabau ini memang tiada duanya, terutama randang yang sudah populer hingga manca negara.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: