Sapi Kurban Naik Sampan ke Dusun Tubeket Mentawai

Selasa, 29 September 2015, 17:33 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Sapi Kurban Naik Sampan ke Dusun Tubeket Mentawai
Tim Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Singgalang, mengirimkan sapi dengan menggunakan sampan ke Dusun Tubeket, Desa Makolok, Pagai Selatan, Mentawai yang merupakan perkambungan muslim terbesar di kabupaten kepulauan itu, Senin (14/9/2015). (istimewa)

VALORAnews - Sudah pernah lihat sapi naik sampan? Mungkin tidak asing bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pantai melihat pemandangan ini. Tapi bagi Dompet Dhuafa Singgalang (DDS), ini merupakan pengalaman pertama mengirimkanhewan kurban, amanah para pekurban, untuk bisa disembelih di hari raya Idul Adha 1436 H di Dusun Tubeket, Desa Makolok, Pagai Selatan, Mentawai yang merupakan perkambungan muslim terbesar di kabupaten kepulauan itu.

Baik akses lokasi maupun komunikasi sama susahnya. Bahkan, tim harus menunggu kabar hingga berhari-hari, untuk memperoleh dokumentasi dari pelaksanaan Tebar Hewan Kurban yang dilaksanakan pada Kamis (24/9/2015) lalu.

Pengiriman Jawi THK (tebar hewan kurban) ini, dilaksanakan Senin (14/9/2015).

"Awalnya saya pikir ini mustahil. Sampan kecil yang bahkan manusia aja kesempitan di dalamnya dan kemudian ditumpangi seekor sapi yang lumyan besar," tutur CRM Dompet Dhuafa Singgalang, Syamsul Bahri.

Baca juga: Kafilah Da'wah Ramadhan 1445 H, Dewan Da'wah Kirim 14 Dai Muda ke Mentawai dan Pessel

Tubeket, merupakan dusun sentra Islam yang dihuni kurang lebih 43 KK (kira-kira 300 jiwa) sejak 1950-an. Mereka sedikit pun tak tersentuh daging kurban. Alhamdulillah, tahun ini masyarakat Tubeket sudah bisa merasakan nikmatnya daging kurban.

"Kehidupan warganya sangat sederhana, menengah kebawah. Profesi mereka mulai dari berladang padi dan sagu, dengan tingkat perekonomian dibawah rata-rata. Tubeket memerlukan banyak pendampingan dibidang agama, pendidikan, ekonomi serta kesehatan. Oleh karena itu, Dompet Dhuafa Singgalang menyasar Tubeket sebagai pusat dakwah Islam Mentawai, dimulai dengan tebaran hewan kurban di sini," tambah BM Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra.

Tahun 1436 H ini, masyarakat Dusun Tubeket dapat bersukacita menikmati daging kurban, yang penyalurannya terorganisir berkat sinergi dengan Ustadz Iswandi, mitra Dompet Dhuafa Singgalang.

Tapi untuk tahun berikutnya, akankah mereka juga akan merasakan kembali nikmatnya daging kurban tersebut, wallahualam. Bagi para sahabat yang tersentuh hatinya untuk saling berbagi dengan sesama, dapat bersinergi dengan Dompet Dhuafa Singgalang untuk bisa bergabung ke dalam program Tabungan Kurban di 0751-40098.

Baca juga: Pemilu 2024, PDI Perjuangan Raih Suara Terbanyak di Dapil Sumbar 8, 6 Petahana Bertahan

Dapat juga langsung mendatangi Graha Kemandirian Dompet Dhuafa Singgalang Jl.Juanda No.31 C Pasar Pagi, Padang Barat untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait tabungan kurban ini. Mari sisihkan harta kita, demi kesejahteraan umat. (relis)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: