Taman Baca Mutiara Hati, Wako Bukittinggi: Dikonsep dengan Luar Biasa

Rabu, 10 November 2021, 11:41 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Taman Baca Mutiara Hati, Wako Bukittinggi: Dikonsep dengan Luar Biasa
Wako Bukittinggi, Erman Safar secara simbolis menyerahkan bantuan buku untuk Taman Baca Mutiara Hati di Panorama Baru, Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Selasa siang. (humas)

BUKITTINGGI (10/11/2021) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar kunjungi Taman Baca Mutiara Hati di Panorama Baru, Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Selasa siang. Selain beramah tamah, dia juga melihat kondisi taman bacaan yang sedang menjalani proses verifikasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) sebagai Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA).

PISA yakni pusat informasi yang memfokuskan pada penyediaan informasi terintegrasi yang dibutuhkan anak, dengan pendekatan pelayanan yang juga ramah anak. Keberadaan PISA juga merupakan salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak, yang mana Kota Bukittinggi telah dianugerahi penghargaan Kota Layak Anak kategori Madya dari Kemen PPPA, Juli lalu.

"Saya pikir, Taman Baca Mutiara Hati ini dikonsep dengan luar biasa. Dengan konsep outdoor (luar ruangan), suasana alami akan dapat meningkatkan minat baca anak-anak," ujar Erman.

Erman Safar yang memang menaruh perhatian khusus terhadap perkembangan literasi di Kota Bukittinggi khususnya bagi anak-anak, ungkapkan rasa kagum dan bangga dengan keberadaan Taman Baca Mutiara Hati, yang merupakan satu-satunya taman baca di Kota Bukittinggi.

Baca juga: Erman Safar Bagikan PKH dan Program Sembako Triwulan II, Terbesar Dapat Rp2,8 Juta

"Tadi saya melihat, juga ada kolam ikan, kebun buah, sayur-sayuran serta area bermain. Ini tentunya menambah keasyikan anak-anak belajar sekaligus bermain di sini," sambungnya.

Erman Safar mengimbau murid TK dan SD di Kota Bukittinggi, untuk mengunjungi Taman Baca Mutiara tersebut.

"Dari peninjauan yang saya lakukan tadi, dijumpai koleksi buku bacaan anak masih kurang. Perlu ditambah lagi. Kemudian, penempatan bukunya, menurut saya agar dapat ditata sesuai dengan jenis atau kategori, sehingga dapat memudahkan anak-anak kita untuk memilih buku sesuai dengan minatnya," sebut Erman.

Dikesempatan tersebut, Erman Safar juga menyerahkan bantuan buku bacaan anak dari Kemen PPPA sebanyak 3 (tiga) paket.

Baca juga: Erman Safar Serahkan Hibah Rp5 Miliar untuk Pembangunan Masjid Jami' Mandiangin

Taman Baca ini dibangun Nofi Ferdian pada tahun 2017 lalu. Taman baca ini telah banyak dikunjungi berbagai pihak, baik mancanegara maupun dari luar Bukittinggi, sekadar melihat taman baca bernuansa alami tersebut maupun untuk mempelajari konsep pengelolaannya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: