GPII Serahkan 3 Ekor Hewan Qurban di Daerah Minus

Jumat, 25 September 2015, 19:23 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
GPII Serahkan 3 Ekor Hewan Qurban di Daerah Minus
Waketum PP GPII, Sutrisno menyerahkan hewan kurban dari anggota PW GPII Sumbar ke warga Jorong Sungai Data, Nagari Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (24/09/15). (istimewa)

VALORAnews - Wali Jorong Sungai Data, Nagari Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, M Ikbal, mengucapkan kata syukur atas penyerahan 3 ekor hewan qurban yang terdiri dari 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing oleh Waketum PP GPII, Sutrisno, Kamis (24/09/15).

Nagari yang berpenduduk 258 orang dengan 45 kepala keluarga (KK) itu, tak rutin melakukan penyembelihan hewan qurban. "Kami bersyukur, 2 tahun teakhir ini daerah kami sudah ada qurban dimana tahun ini datang dari Pengurus Wilayah Pemuda Islam Indonesia yang mewakili peserta qurban," ungkap Ikbal.

Daerah ini walau hanya berjarak 10 km dari ibukota kabupaten, Jorong Sungai Data bisa dibilang cukup terisolir. Akses jalan ke kampung itu, walaupun bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat, tapi masih berupa jalan tanah, yang jika hujan tidak bisa dilewati lagi.

Selain licin, jalannya juga terjal dan berliku, sangat kontras dengan namanya, Sungai Data. Topografi kampung ini ternyata daerah tertinggi di Kecamatan Harau dan relatif jarang ditemukan dataran.

Baca juga: Berkurban Kambing dan Sapi, Nevi Zuairina Saksikan Penyembelihan di Payakumbuh dan Pariaman

"Inilah yang menjadi pertimbangan utama, sehingga PW GPII Sumbar memilih kampung yang pendudukya 100 persen petani ini," ungkap Sutrisno.

Sementara, Ketua Bamus Nagari Harau, Sukriandi, mengapresiasi langkah yang ditempuh PW GPII Sumbar, yang telah menghimpun qurban lalu menyalurkan Jorong Sungai Data. "Semoga Allah membalas kebaikan saudara-saudara yang berqurban," ucapnya.

Di Jorong Sungai Data itu, masih belum ada sekolah. Sehingga, anak-anak di kampung itu harus menyusuri jalan terjal dan berliku sejauh lebih kurang 2 km, menuju SD terdekat di kampung sebelah. Masyarakat berharap, kedepan pemerintah daerah menghadirkan sekolah di kampung itu, paling tidak akses jalannya diperbaiki.

Menurut Sutrisno, kegiatan ini kedepan juga dapat memacu GPII daerah lain dan OKP-OKP untuk melakukan kegiatan yang sama, sebagai wujud kepedulian terhadap daerah di wilayahnya. (relis)

Baca juga: Dishub dan PT YSM Sembelih 14 Sapi Kurban, Daging Dibagikan untuk Jukir dan THL

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: