Bank Nagari Luncurkan Program Marandang di Pasar Kuliner, Yusri: Gaungnya Cepat Sampai ke UMKM

Minggu, 26 September 2021, 15:49 WIB | Bisnis | Kota Padang Panjang
Bank Nagari Luncurkan Program Marandang di Pasar Kuliner, Yusri: Gaungnya Cepat Sampai ke...
Kepala BI Sumatera Barat, Wahyu Purnama A secara simbolis menyerahkan KUR Super Mikro Program Marandang pada pedagang kuliner di Padang Panjang, Sabtu sore. Penyerahan ini sekaligus menandai peluncuran Program Marandang (Melawan Rentenir Daerah Minang) da

PADANG PANJANG (25/9/2021) - Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar, Yusri menilai, kolaborasi Pemko Padang Panjang dengan Bank Nagari dalam meluncurkan Program Marandang (Melawan Rentenir Daerah Minang) di tempat transaksi masyarakat, sangat tepat. Program ini, dinilai Yusri, langsung sampai pada tujuan dan sasarannya, pelaku UMKM.

"Program KUR Super Mikro Marandang di tengah-tengah pelaku ekonomi masyarakat, gaungnya akan cepat sampai pada pelaku ekonomi yang akan dibantu dan pada rentenir yang akan diberantas melalui program kredit ini," sebut Yusri saat memberikan sambutan pada peluncuran program Bank Nagari KUR Super Mikro Marandang di Pasar Kuliner (Paskul) Padang Panjang, Sabtu sore.

Pada peluncuran ini, juga hadir Wako Padang Panjang, Fadly Amran, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Wahyu Purnama, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra, Kepala Bank Nagari Cabang Padang Padang, Zulhendri dan pimpinan OPD terkait di Padang Panjang.

Sementara, Gusti Candra menuturkan, program ini sengaja diberi nama "Marandang" sesuai dengan masakan khas Minangkabau. Selain itu, juga bertujuan untuk melawan keberadaan rentenir, yang seringkali mengikat dan menyengsarakan para pelaku usaha kecil di daerah.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Terima Dividen dari Bank Nagari Rp 11,7 Miliar

"Sesuai tujuannya, maka kami ciptakan proses pembiayaan cepat dan syarat yang mudah. Untuk persyaratan pemanfaatan Program Marandang ini cukup mudah. Yakni memiliki usaha yang jelas, lalu tidak sedang terikat pinjaman di bank ataupun lembaga keuangan lainnya. Memiliki surat izin usaha dari pemerintah setempat," ungkapnya.

Bukti Kehadiran Negara

Kepala Cabang Bank Nagari Padang Panjang, Zulhendri mengatakan, peluncuran Program Marandang itu terselenggara atas kerjasama dengan Pemko dan Persatuan Pedagang Kuliner Malam Padang Panjang.

"Alhamdulillah, kehadiran Program Marandang ini disambut baik pelaku usaha di Pasar Kuliner. Sebelum peluncuran ini, kami bersama Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM) dan Ketua P5, telah menyosialisasikan program ini pada pelaku usaha kuliner," ujar Zulhendri.

Baca juga: Bank Nagari Gelar Bazar Paket Pangan Murah, Pembayaran Pakai QRIS

Sementara, Wako Padang Panjang, Fadly Amran mengatakan, Program Marandang ini menjadi bukti negara hadir untuk memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya dimasa pandemi Covid19.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: