IAIN Batusangkar Raih Dua Penghargaan dari Kemenag

Kamis, 14 Januari 2021, 15:02 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
IAIN Batusangkar Raih Dua Penghargaan dari Kemenag
Rektor IAIN Batusangkar, Dr Marjoni Imamora didampingi Dr Ridwal Trisoni (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan IAIN Batusangkar) usai menerima dua penghargaan yang diberikan langsung Menag RI di Jakarta, Kamis (14/01/2021). (jheni rahmad/valoran

VALORAnews - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN UM PTKIN) 2021 di UIN Raden Intan, Provinsi Lampung, Kamis (14/01/2021).

Di kesempatan itu, Yaqut mengingatkan pimpinan PTKIN, untuk berinovasi dalam mengembangkan kajian keislaman. Selain itu, dia menyebut, SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN /IAIN /STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia nasional yang ditetapkan oleh Menteri Agama.

"Seleksi prestasi akademik nasional, dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis," ungkap Yaqut saat peluncuran SPAN-UM PTKIN 2021, di kampus UIN Raden Intan Lampung dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penularan Covid19.

Peluncuran SPAN UM PTKIN ini, juga dihadiri Rektor IAIN Batusangkar, Dr Marjoni Imamora didampingi Dr Ridwal Trisoni (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan IAIN Batusangkar).

Baca juga: IAIN Batusangkar Gelar Pelantikan Akbar Kepengurusan Lembaga Kemahasiswaan

Dalam peluncuran SPAN UM PTKIN itu, IAIN Batusangkar boyong dua penghargaan yang diberikan langsung Menag RI. Yakni, sebagai Perguruan Tinggi dengan Presentase Kehadiran Sistem Seleksi Elektronik (SSE) II Kategori IAIN pada UM-PTKIN pada 2020.

Sedangkan penghargaan ke dua yakni, Tertinggi III sebagai Perguruan Tinggi dengan Trend Kenaikan Jumlah Pendaftar Katagori IAIN pada SPAN PTKIN 2020.

Marjoni Imamora mengungkapkan, prestasi tersebut tidak terlepas dari kepercayaan dan pengakuan masyarakat Sumatera Barat khususnya Tanahdatar. "Artinya adanya kepercayaan dan animo masyarakat terhadap IAIN Batusangkar ditambah lagi kita sudah mendapatkan 7 Akreditasi A dari BAN PT," ungkapnya.

Dikatakan Marjoni, yang baru menahkodai SPAN UM PTKIN tahun 2021 itu, pretasi yang ditoreskan ini tidak terlepas dari kerjasama dan kerja keras semua elemen, untuk memajukan institusi sehingga jadi kampus paling diminati tahun demi tahun.

Baca juga: HAB ke 75 di Tanahdatar, Marjoni: Tetap Optimistis, Terus Berinovasi dan Bekerja Profesional

Sementara, untuk tahun 2021 ini, IAIN Batusangkar sediakan kuota mahasiswa baru sebanyak 2.500 dari 4 fakultas dan 28 jurusan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: