PWI Tanahdatar Inisiasi KLW, Nusyirwan: Terus Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Wartawan

Kamis, 14 Januari 2021, 19:37 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
PWI Tanahdatar Inisiasi KLW, Nusyirwan: Terus Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme...
Ketua PWI Tanahdatar, Mustafa Akmal bersama Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian dan Pemerintahan, Nusirwan dan narasumber serta peserta KLW PWI Tanahdatar, foto bersama usai pelatihan yang digelar sehari penuh, Kamis (14/1/2020) di Gedung PKK Indojolito

VALORAnews - Sebanyak 35 orang wartawan media cetak dan siber di Kota Batusangkar, mengikuti Karya Latihan Wartawan (KLW), Kamis (14/1/2020) di Gedung PKK Indojolito Batusangkar. KLW ini diinisiasi PWI Tanahdatar mengawali program kerja di 2021 dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid19.

"KLW ini kami laksanakan sebagai bentuk keterpanggilan kami sebagai pengurus PWI untuk meningkatkan kualitas profesi wartawan. Kami menyadari, perkembangan media yang begitu pesat, setiap wartawan dituntut untuk terus berpacu terutama kualitas tulisan agar pembaca bisa terpenuhi haknya dalam memperoleh informasi yang benar dan akurat," ungkap Ketua PWI Tanahdatar, Mustafa Akmal saat memberikan sambutan.

Dikatakan, peserta yang mengikuti KLW ini, mesti menandatangani surat pernyataan kesediaan sebagai peserta. Kemudian, surat penugasan dari media tempatnya bertugas. "Peserta KLW ini nantinya akan kami usulkan sebagai calon anggota PWI," ungkap Mustafa Akmal.

KLW ini dibuka Bupati Tanahdatar yang diwakili Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian dan Pemerintahan, Nusyirwan.

Baca juga: Rektor Ajak PWI Tanahdatar Dukung Transformasi IAIN Batusangkar

Dalam sambutannya, Nusyirwan menyampaikan, wartawan adalah mitra pemerintah dalam menyampaikan informasi kemasyarakat. Peran wartawan dalam menyampaikan informasi, ikut andil dalam meningkatkan kualitas pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Kegiatan KLW ini, ungkap Nusyirwan, merupakan inovasi yang dilakukan PWI Tanahdatar. Karena, selama ini belum pernah terlaksana KLW di Tanahdatar.

"Kami berharap, KLW ini bisa jadi agenda rutin, dalam upaya meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan profesionalisme wartawan di Tanahdatar," harapnya.

Selain diikuti 35 wartawan yang bertugas di Kabupaten Tanahdatar, KLW ini juga diikuti mitra PWI utusan dari perangkat daerah.

Sedangkan narasumber KLW, Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar, Dr Basril Basyar dan Sawir Pribadi (Wakil Ketua Pengurus PWI Sumbar Bidang Pendidikan).

Materi KLW ini mengupas tuntas Kode Etik Jurnalistik dan Teknik Penulisan Berita. (jen)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: